Aksi Solidaritas Wartawan Tolitoli, Sampaikan sejumlah Tuntutan

  • Whatsapp
Aksi solidaritas wartawan Tolitoli dalam tuntut sejumlah tuntutannya

Oleh : Hariyanti

Aksi solidaritas wartawan Tolitoli dalam tuntut sejumlah tuntutannya

TOLITOLI, AMUNISINEWS.CO.ID –  Segenap wartawan dari sejumlah lembaga kewartawanan di Kabupaten Tolitoli, Kamis (28/6) melakukan Aksi solidaritas atas tindakan kasar dan arogan yang dilakuksn oleh oknum anggota Polsek Palu Timur Ipda Firade (KaNit Binmas) terhadap salaseorang wartawan di Kota Palu bernama Muh.Iqbal yang juga menjabat sebagai Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Kota Palu.
Aksi solidaritas yang dimulai dari depan Cafe Br, kemudian berlanjut ke Mapolsek Baolan dan berakhir di Mapolres Tolitoli itu diikuti oleh puluhan insan Pers di Tolitoli.

Dalam aksinya, seluruh insan pers Tolitoli menyatakan sikap :
1. Mengutuk keras segala macam bentuk tindakan kekerasan dan intimidasi terhadap insan pers;
2. Mengecam keras tindakan kekerasan dan intimidasi yang dilakukan oleh anggota Polsek Palu Timur  terhadap Muh. Iqbal;
3. Meminta Kapolri mengusut tuntas dan memecat pelaku kekerasan dan intimidasi tersebut;
4. Meminta kepada Kapolda Sulteng untuk mencopot Kapolres Kota Palu dan Kapolsek Palu Timur sebagai pimpinan yang paling bertanggung jawab di wilayah tersebut atas tindakannya.
5. Mengarahkan anggotanya dalam menjalankan tugas; serta
6. Mengimbau seluruh insan pers Indonesia dan masyarakat luas untuk merapatkan barisan guna melawan segala bentuk kekerasan dan intimidasi oleh oknum yang mengarah pada upaya-upaya terselubung membungkam wartawan dan jurnalis.

Kapolsek Baolan Iptu Army Casriyanto yang menerima Aksi ini menyatakan keprihatinannya terhadap peristiwa yang terjadi, seharusnya insan pers adalah rekan kerja dari kepolisian, ucapnya.

Hal yang sama di ungkapkan oleh Kapolres Tolitoli Muh.Iqbal Al-Qudusy S.IK., SH bahwasanya pihaknya akan meneruskan dan menyampaikan tuntutan para wartawan itu kepada pimpinan Kepolisian dalam hal ini KAPOLDA Sulteng atas kejadian tersebut.
Kapolres berharap hal ini tidak akan terjadi di Kabupaten Tolitoli, sebab menurutnya insan pers adalah Mitra Polri dalam melaksanakan tugas-tugas Polri, ungkapnya.

 

editor: maliki hd

Pos terkait