ASSA Taklukan Pulau Jawa Jelajah Pantura

Oleh Rukmana

INDRAMAYU – AMUNISI, Indonesia Raya, itulah nama yang mencerminkan kebesaran dan kekayaan Negara Indonesia, dalam rangka mengenal Indonesia secara lebih dekat, Mahad Al – Zaytun menggelar Touring Sepeda yang diikuti oleh 420 peserta yang terdiri dari guru, mahasiswa, koordinator dan Exponen Yayasan.

Tour sepeda ini dimulakan dari Pesantren Mahad Al – Zaytun, Indramayu Jawa Barat Rabu (29/11/17), tour sepeda ini telahpun memiliki nama komunitas yaitu; Asosiasi Sepeda Sport Al – Zaytun (ASSA) yang diketuai Imam Prawoto Yang didirikan beberapa tahun lalu.

Touring ASSA 2017 ini dilepas oleh Kabid Pemasalan Olahraga Kemenpora RI Dr. Inyoman Winata pada pukul 4: 20 dipimpin oleh Ketua Jelajah ASSA Syaykh Al – Zaytun Prof.DR. AS Panji Gumilang.
Dalam sambutannya, Inyoman menyampaikan rasa bangga atas apa yang dilakukan oleh Al – Zaytun.

“Saya bangga atas apa yang dilakukan Al – Zaytun, Kegiatan goes sepeda ini sangat seiring dengan program pemerintah yang sedang !mengkampanyekan hemat energi, belum ada tour sepeda yang diikuti peserta sampai 420 peserta, ini luarbiasa, saya akan mengundang salah satu dari peserta untuk memberikan seminar pemaparan tentang bersepeda yang baik dan benar dalam seminar kedepan yamg akan saya lakukan nanti,” tegasnya.

Ia menambahkan, Kegiatan ini sesuai dengan Inpres no: 7 tahun 2017 yaitu tentang Indonesia sehat, kami sangat mensuport kegiatan ini.

Ketua Jelajah ASSA, Syaykh Al – Zaytun dalam pengarahan kepada 420 pegoes ASSA mengatakan,” Tahun Depan kita akan jelajah Pulau Sumatera, dan kita akan ajukan proposal, kita ingin tahu apakah Kementerian Pemuda Dan Olahraga Mau Membantu, jika tidak, jangan dinamakan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” tandas Syaykh.

Syaykh juga berpesan,”dalam bersepeda tidak boleh ada yang ngoyo (memaksakan diri terburu – buru), kita akan bersepeda dengan spido meter 20 km/jam, tidak boleh saling mendahului, tidak ada menang – menangan dalam tour ini, yang sampai tujuan tanpa mengalami masalah itulah pemenangnya, tidak boleh makan minum sembarangan atau beli dipinggir jalan, perbanyak minum air mineral (air putih) makanlah dari makanan yang sudah kita siapkan, jangan terlalu banyak makan kecuali setelah sampai pada tempat peristirahatan, kita harus disiplin jika ingin tidak ada masalah selama dalam perjalanan,” imbau Syaykh sesaat sebelum pelepasan tour ASSA 2017.

Tour Sepeda Sehat Al – Zaytun  rute Anyer Jawa Barat Panarukan Jawa Timur sejauh 2.628 KM dan ditempuh 24 hari ini mengambil tema Petani Kaya Negara Jaya, Rombongan ASSA penjelajah pantura penakluk pulau jawa ini akhirnya  sampai di Hotel Sapadia Cirebon pukul 12:20 dan disambut oleh Kapten Invanteri Ridwan Kasi Teritorial, dan  Danramil Setempat.

Dalam sambutan singkatnya, Kapten Ridwan menyampaikan,” selamat datang kepada peserta ASSA, saya sangat mendukung kegiatan sepeda sehat ini, selamat beristirahat,? katanya.

News Reporter

1 thought on “ASSA Taklukan Pulau Jawa Jelajah Pantura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *