Atasi Kelangkaan Gas LPG 3 Kg,Pertamina Salurkan 57.680 Tabung

  • Whatsapp

Oleh Yudi Nugroho/Tama

SIDOARJO,AMUNISINEWS.CO.ID–maraknya isu tentang kelangkaan gas LPG(elpigi) 3 Kg di Kabupaten Sidoarjo, Pertamina Marketing Operation Region V memastikan bahwa penyaluran dan jumlah stok agen dan pangkalan di Kabupaten Sidoarjo berjalan dengan lancar dan aman.

Pertamina telah melakukan penyaluran LPG 3kg dengan  tambahan hingga 57.680 tabung atau sama dengan 62% dari alokasi normal harian. Penyaluran LPG 3 Kg normal harian yaitu sebesar 279 MT/hari atau sebesar 93.320 tabung/hari.

Rifky Rakhman Yusuf Unit Manager Communication & CSR mengatakan hasil peninjauan langsung tim di lapangan bahwa ketersediaan LPG 3 kg di beberapa pangkalan masih tercukupi dan tersedia. “Kami juga sudahmelakukan pasar murah bersama dengan Disperindag pada tanggal 28 Agustus sampai 30 Agustus untuk membantu memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat akan LPG 3 kg ” ujarnya.

Pasar murah yang akan diadakan mulai tanggal 28 Agustus,Akan disalurkan sebanyak 9.520 tabung di 17 titik di Kabupaten Sidoarjo. Penambahan penyaluran akan diadakan kembali pada tanggal 29 Agustus 2018 dan 30 Agustus 2018 dengan total sebanyak 87.360 tabung sebagai antisipasi lanjutan.

Syamsu Rizal Kabag. Perekonomian Kab. Sidoarjo kepada Wartawan mengatakan,kami mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan kawan-kawan Hiswana Migas dan Pertamina dalam menjaga ketersediaan LPG 3 Kg di Sidoarjo, Sehingga penyaluran LPG 3 Kg bisa tepat sasaran dan senantiasa terjaga.

Sementara dari kalangan Ormas bentuk kepedulian kepada masyarakat agar tidak sampai terjadi kelangkaan elpigi 3 kg,ketua MPC Pemuda Pancasila kabupaten Sidoarjo  H.Mursidi MT mengetahui dan menanggapi dari pemberitaan kelangkaan elpigi 3 kg, bersama empat Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), yakni Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (FKPPI),Pemuda Panca Marga (PPM) dan Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) akan mengadakan pasar murah bersama besok Rabu (29/8)di pasar Porong  juga atas support dari Pertamina.

Rifky Rakhman menambahkan, di wilayah Kabupaten Sidoarjo terdapat 50 agen dan 1122 pangkalan tersebar sebagai jalur distribusi resmi penyaluran LPG.  Jalur distribusi resmi penyaluran LPG terbatas hingga pangkalan agar kualitas dan harga dapat terkontrol sesuai HET area Jawa Timur yaitu Rp 16.000,- Pengecer seperti warung dan pedagang kaki lima bukan merupakan jalur resmi distribusi LPG Pertamina.

“Kami menyarankan masyarakat untuk membeli LPG di pangkalan resmi Pertamina yang stok, harga, dan kualitas tetap terjaga,” ujar Rifky Rakhman , Unit Manager Comm & CSR MOR V.melalui rilisnya.

Bersamaan Hasan (40) pemilik pangkalan elpiji di masangan  menegaskan bahwa benar elpiji sedikit langkah atau kekurangan,sebab itu tidakboleh sehari telat kiriman. “Banyak kiriman yang saya kurangi biar semua dapat kebagian,agar mereka bisa jualan,” terangnya Selasa (29/8).

‘’Bukan saya saja mas yang merasakan kelangkaan,pengiriman itu gak boleh sampai tidak dikirim satu haripun, mungkin se Jawa Timur.,ditambahi dua hari libur Idul Adha, otomatis seperti ini langkah,” pungkasnya.

 

Pos terkait