Babinsa Koramil 0816/01 Sidoarjo Sigap Mengganti Bendera Baru

  • Whatsapp
Bendera Merah Putih Makodim 0816 Sidoarjo pasca diganti baru

Oleh : Yudi Nugroho/Tama

Bendera Merah Putih Exs Makodim 0816 Sidoarjo pasca diganti baru

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID –  Tindakan sigap penggantian bendera merah putih lama diganti dengan bendera yang terbaru oleh Jajaran Kodim 0816 Sidoarjo, khususnya jajaran TNI/Babinsa Koramil 0816/01 Sidoarjo Kota pada hari Rabu (4/7). Pasca diberitakan sebelumnya disatu media on line dN Selasa (3/07) tentang Bendera Merah Putih Usang dan Robek masih berkibar.

Keprihatinan masyarakat tentang bendera merah putih yang sudah usang dan robek, yang masih terpampang di bekas exs markas Kodim 0816 Sidoarjo di Jl. A Yani Sidoarjo mendapat perhatian khusus oleh Babinsa Koramil
0816/01 Sidoarjo Serda Edi Hermawan Babinsa Kel Magersari dan Serka Muhlis Babinsa Desa Suko, yang merasa terpanggil untuk segera mengganti bendera tersebut dengan bendera yang baru.

Bendera Merah putih yang sudah usang tersebut diturunkan dan dinaikkan oleh Hendra umur 22 tahun pekerjaan Wiraswasta didampingi anggota TNI/Babinsa. Menurutnya, bendera Merah Putih merupakan bendera kehormatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan sangat menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Menurut keterangan Serda Edi selaku Babinsa Kel Magersari mengatakan, bahwa berita bendera merah putih yang berkibar di exs Markas Kodim 0816 Sidoarjo Jl. A.Yani itu memang benar ada “tetapi itu bukan Markas Kodim 0816 Sidoarjo lagi, melainkan Markas (Exs) bekas Kodim 0816 Sidoarjo, karena Markas Kodim 0816 Sidoarjo sejak
tahun 2011 sudah pindah ke Jalan Raya Lingkar Timur Ds. Kemiri Kab. Sidoarjo”.
Sedangkan lahan Exs Markas Kodim 0816 Sidoarjo yang berada di Jl. A Yani Sidoarjo sejak tahun 2011 sudah diserahkan kepada pengelola pihak swasta.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf .Fadli Mulyono, SIP menjelaskan, bahwa kejadian yang sudah diberitakan tentang bendera yang sudah usang dan robek di exs/bekas Markas Kodim 0816 Sidoarjo sudah dilakukan tindakkan.

Meskipun bangunan tersebut bukan lagi menjadi asset TNI yang pengelolaannya sudah di pegang pihak swasta tetapi   sebagai anggota TNI secara moral kita terpangil untuk menggantikan bendera tersebut. Untuk pengelola kita berikan edukasi tentang perlunya menghargai bendera merah putih. ”Karena untuk memperjuangkannya diperlukan pengorbanan jiwa, raga” pungkas Dandim,

Sementara penjaga Exs MAKODIM Didik Purwanto yang kebetulan Ketua umum LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Persatuan Arek Sidoarjo mengatakan”ini gedung tua, gedung kosong dan Makodim sudah kosong bertahun-tahun. Penjaga punya inisiatif dan sangat peduli sebagai warga negara Indonesia yang baik dengan memasang bendera Merah Putih.Perlu diketahui gedung ini sudah tidak dipergunakan lagi oleh TNI AD sebagai Markas Komando Distrik Militer( Makodim) 0816 Sidoarjo” tegasnya.

Didik menambahkan dan sangat disesalkan penulis tidak konfirmasi terlebih dahulu kepada penjaga maupun pihak Kodim. Dan itu menunjukan mereka khususnya penulis tidak mengetahui historis terpasangnya bendera digedung tersebut. Dengan  kepedulian itu, ini sudah kita persiapkan bendera yang ketiga, sedangkan bendera yang usang dan robek itu yang kedua.
“Selama gedung tidak dipergunakan sebagai markas Makodim tidak ada yang perduli dengan pemasangan bendera. Dan perlu diketahui bendera itu dipasang di tiang permanen diatas atap gedung, bukan di tiang halaman yang bisa dinaikan turunkan dengan tali, pungkas Didik.

 

editor: maliki hd

 

Pos terkait