Bantaeng Panen Raya Padi Alami

  • Whatsapp

Oleh Supriadi Awing

BANTAENG, AMUNISINEWS.CO.ID- Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin menghadiri Panen Raya Padi Alami (Cambakaraeng) yang dilaksanakan di Desa Rappoa, Kecamatan Pa’jukukang, 30 September 2018,  Dengan mengusung tema “Kabupaten Bantaeng Menuju Kedaulatan Pangan Sehat”.

Panen Perdana padi alami yang diselenggarakan oleh Serikat Petani Alami Buttatoa, KTA Desa Rappoa yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Rappoa ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD, H. Abd. Rahman Tompo, Kadis Ketahanan Pangan, Rita Siamba Pasha, Kadis  Pertanian Rahmania, Camat Pajukukang, Jamaluddin, Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Asniati Ninra, Kades Rappoa, Iwan Darfin dan SPA Butta Toa Bantaeng.

Dalam diskusi yang berlangsung pada kesempatan tersebut, Bupati Bantaeng mengapresiasi kehadiran SPA Buttatoa beserta KTA yang sudah terbentuk atas inovasinya memperkenalkan Sistem Pertanian Alami di Kab. Bantaeng.

Dikatakan bahwa Serikat Petani Alami Buttatoa yang diketuai oleh Sujarman ini beranggotakan pemuda-pemuda tani yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan sistem pertanian alami di Kab. Bantaeng. Pertanian alami dapat diartikan sebagai suatu sistem pertanian yang holistik atau terpadu sehingga menghasilkan dan mengoptimalkan kesehatan dan produktifitas agroekosistem secara alami, yang pada gilirannya mampu menghasilkan pangan dan serat yang berkualitas dan berkelanjutan.

Konsep ini dicirikan antara lain dengan menghindari benih hasil rekayasa genetik, menghindari pestisida sintetis (kimia), penggunaan zat pengatur tumbuh dan pupuk kimia sintetis, hormon tumbuh dan bahan aditif sintetis untuk pakan ternak.

Pos terkait