Basmi Hama Wereng Kodim 0816 Bersinergi dengan Dinas Pangan dan Pertanian

  • Whatsapp
DANDIM- JATIM OKE
Dandim 0816 Cegah Gagal Panen,Pimpin Pengendalian OPT Wereng

SIDOARJO, AMUNISINEWS.COM – Antisipasi gagal panen padi di wilayah Sidoarjo dari hama wereng,Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, S.I.P  yang didampingi oleh Kepala BPTP Prov Jatim  Dr. Chendy Tafakresnanto, MP  & Kepala BBPP ( Balai Besar Pelatihan Pertanian ) Ketindan, Malang .Drh. Djajadi Gunawan, MPH  serta Kadis Pangan dan Pertanian Kab. Sda Ir. Handayani bersama-sama singsingkan lengan baju, jinjingkan celana turun langsung kesawah untuk pimpin langsung operasi pengendalian OPT Wereng bertempat di Ds. Prasung Kec. Buduran Kab. SidoarjoRabu (12/7) kemarin.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono mengatakan,dalam giat tersebut diikuti oleh kelompok tani se desa Prasung yang menerjunkan 27 Petani dengan perlengkapan handflayer.Yang menjadi pertanyaan, Kenapa daerah prasung ? “karena mengingat daerah tersebut merupakan salah satu daerah yang dinyatakan status waspada terhadap serangan OPT Hama wereng dengan hamparan seluas 3 Ha.

“Tidak di Desa. Prasung saja Operasi pencegahan OPT wereng ini, tetapi dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kab. Sidoarjo yang dinyatakan status waspada OPT wereng oleh Dinas Pagan dan Pertanian Kab. Sidoarjo,” terang Dandim.

Letkol Inf Fadli Mulyono, S.I.P menambahkan, bahwa gerakkan operasi pengendalian hama ini dilakukan untuk mencegah terjadi serangan wereng yang dapat mengakibatkan gagal panen. Oleh karena itu saya memerintahkan jajaran Babinsa saya untuk segera membantu petani mencegah terjadinya OPT hama wereng, karena akhir-akhir ini dibeberapa wilayah Kab. Sidoarjo sudah ada tanda-tanda terjadinya serangan OPT Wereng, walaupun baru status waspada.

Sementara itu perwakilan kelompok tani mengatakan senang dengan turun langsung komandan Kodim 0816 Sidoarjo dalam ikut serta dalam pengendalian hama wereng di desa kami.Dan kami semua menyampaikan rasa terima kasih kepada Kodim 0816 dan dinas Pangan dan Pertanian kabupaten Sidoarjo terang perwakilan petani yang enggan dikorankan namanya.(wan/tam)

 

 

Pos terkait