Belitung Expo 2020, Upaya Memulihkan Ekonomi Akibat Pandemi Covid 19

  • Whatsapp

Oleh Her/Dra

BELITUNG,AMUNISINEWS.CO.ID- -Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung yang bekerja dengan PT Cipta Kreasi Expo ini akan berlangsung sampai Kamis (26/11/2020) mendatang.

Dalam rangka bentuk pememulihkan ekonomi khususnya Kabupaten Belitung serta bentuk motivasi semua penggiat UMKM agar tetap berkarya, berinovasi dan berkembang usahanya untuk mempromosikan, menggali potensi serta membuka wawasan UMKM agar lebih maju dan berkembang dalam menuju pemulihan ekonomi setelah terpuruk karena Pademi Covid 19,” katanya

Setidaknya 120 stan mengikuti acara tersebut yang dibagi dalam tujuh kluster. Diantaranya kluster pedagang kaki lima (PKL), barista, hotel, umum, tanaman hias, halal food street dan UMKM yang lahir dimasa pandemi Covid-19.

Sanem dalam sambutannya mengatakan, Belitung Expo biasanya digelar bertepatan dengan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT). Namun tahun ini tertunda karena berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19.

Sanem menilai ada beberapa hal dan perbedaan Belitung Expo untuk tahun 2020 ini dengan tahun-tahun sebelumnya, salah satunya tidak dihadirinya stan-stan dari daerah lain.

Kendati demikian, dirinya berharap Belitung Expo 2020 ini akan menjadi lebih luas dan besar dari tahun-tahun sebelumnya. Yakni masyarakat lebih berinovasi lagi untuk meluncurkan produk UMKM.

Sehingga bisa menopang ketahanan pangan, khususnya bagi anak muda untuk menciptakan pekerjaan melalui inovasi UMKM. Hal ini bertujuan agar lapangan pekerjaan semakin terbuka.

“Tahun ini kita tidak mengundang karena pandemi Covid 19. Meskipun demikian Belitung Expo tahun ini diharapkan akan lebih besar dan meluas,” kata Sanem di hadapan para tamu undangan, Minggu (22/11/2020).

Sanem juga mengingatkan kepada masyarakat atau pelaku UMKM agar senantiasa dan terus memperhatikan protokol kesehatan. Dikarenakan beberapa hari belakangan pasien terkonfirmasi Covid-19 terus bertambah.

“Jadi selama pelaksanaan, kita harus betul-betul mengacu kepada protokol kesehatan penanganan Covid-19,” ujar Sanem.

Pembukaan Belitung Expo ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Isyak Meirobie, Ketua DPRD Ansori, Kajari Ali Nurudin, Dandim 04/14 Letkol Inf Mustofa Akbar, unsur Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *