Beras Program BPNT Diduga Menjadi Ajang Bancakan

  • Whatsapp

KARAWANG,AMUNISINEWS .CO.ID- semua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Karawang, sudah ditentukan oleh Tim Koordinasi Kabupaten.
Tim ini bekerja sama dengan Tim Koordinasi Kecamatan bahwa setiap KPM diberi beras 10kg/bulan dengan harga Rp. 110.000, jadi harga beras sudah ditentukan dengan harga Rp. 11.000/kg.

e-warong menjual berasnya kepada KPM disuplay oleh distributor yang telah ditunjuk oleh Tim Koordinator Kabupaten, bahkan ironis sekali ada e-warong di Kec. Pakisjaya yang tidak tahu menahu dia hanya ketitipan beras saja, yang mendistribusikannya adalah dari pihak Tim Koordinasi Kecamatan
Yahya sebagai Kasi Kesos (Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial) Kec Pakisjaya sebagai Tim Koordinasi BPNT Kecamatan menjelaskan (24/07/18), bahwa kecamatan Pakisjaya telah merealisasikan 3 kali pada bulan ini setiap KPM menerima beras 30 kg.

“Beras yang dibagikan jenisnya medium harganya Rp. 11.000/kg, harga tersebut sesuai dengan harga pasaran, yang mendistribusikan beras bukan e-warong tetapi kelompok yang sudah ditunjuk oleh Tim Koordinasi BPNT kecamatan, tentang suplayer tersbut karena saat itu mendadak pelaksanaannya maka kami mencark distributor beras yang sudah kerja sama dan berbadan hukum,” katanya.

Kepala desa berada di Kecamatan Pakisjaya yang identitasnya tidak mau disebutkan menerangkan (24/07/18), dirinya sebagai kepala desa tidak pernah diajak rapat pada pelaksanaan pembagian beras BPNT.

“Harga beras yang dijual kepada KPM dengan harga Rp. 11.000 itu mahal, sekarang harga beras jenis medium dipasaran sekitar Rp. 8.500./kg, e-warong akan dikasih Rp. 300/kg oleh pihak Bank BNI, jadi jelas sekali lingkaran permainan dalam program BPNT,” kata Kades itu.

H. Alek Sukardi, Sekertaris Apdedsi(Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia wilayah Karawang mengatakan, semua e-warong disuplay oleh pengusaha beras, yang telah ditentukan oleh Tim Koordinasi BPNT tingkat Kabupaten yang bekerja sama dengan Tim Koordinasi Tingkat kecamtan.

Harga beras yang dijual kepada PKM dengan harga Rp.1100/kg sangat mahal, harga sekarang dipasaran sekitar Rp. 8.500/kg, jadi ada selisih keuntungan Rp.2.500/kg.
o Berdasarkan hasil konfirmasi dan survei maka pelaksanaan program BPNT di Karawang diduga menjadi ajang bancakan instansi terkait

Pos terkait