Berharap, Generasi Millenial Menjauhi Narkotika karena Bahaya, Merusak Masadepan

  • Whatsapp

Oleh, Budi Setiawan

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID.- Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada seluruh Dunia di peringati dengan momentum bersejarah tepatnya pada tanggal, 26 Juni 2020, ini.

Dengan Memperingati hari anti narkotika nasional tentunya, mengingatkan Semua lapisan Rakyat. agar dapat menghindari pengguna maupun, para bandar narkoba. bahwa barang haram tersebut agar tidak disalahgunakan bagi Semua lapisan Masyarakat. dan para bandar narkoba agar tidak lagi mengedarkan barang dagangannya.

Di tahun 2020, Badan Narkotika Nasional (BNN) tak ketinggalan merayakan Hari Anti Narkotika Internasional. Kali ini BNN mengangkat tema ‘Hidup 100 persen di Era New Normal, Sadar Sehat, Produktif Tanpa Narkoba.’ -Untuk mendukung BNN, masyarakat juga dapat berpartisipasi menyebarkan kesadaran terhadap sesama untuk menjauhi narkoba. Salahsatunya melalui tulisan dan ucapan.

Maka dari itu, berikut deretan ucapan yang bisa menjadi alternatif Anda menyebarkan kesadaran di Hari Anti Narkotika Internasional.

“Selamat Hari Anti Narkoba Sedunia! Jika kamu ingin hidupmu baik-baik saja, maka jauhi narkoba sekarang juga. Atau ia akan membuat dunia menjauhimu”
“Jauhi narkoba karena masa depanmu sangat berharga.“

Demikianlah, Petikan Wawancara Jurnalis Amunisinews.co.id -Jumat,26/6/20. Bersama Hj.Andi Nirwana, Anggota DPD RI daerah Pemilihan, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan duduk di Komite III yang membidangi Pendidikan, Kesehatan, Agama, Pemuda dan olahraga, Kesra.

Di hari anti narkotika internasional tahun ini, Saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara untuk hidup 100% menjadi pribadi yang sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkotika.

Saya juga berpesan pada generasi millenial jauhi narkotika apapun alasannya, karena sangat berbahaya dan akan merusak masa depanmu. Mari ciptakan lingkungan yang positif, dan teruslah berkarya untuk Indonesia.

Tanya,. Di hari HANI yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2020 setiap tahun di selenggarakan sebagai Hari Anti natkotika Nasional apakah bagian dari Seremonial..?

Jawab,. Peringatan hari anti narkotika internasional tidak hanya diperingati secara seremonial saja, tetapi diisi dengan kegiatan positif dan gerakan untuk mengajak masyarakat, menjauhi dan memberantas peredaran narkotika di Indonesia. Dimasa Pandemi Covid-19 sekarang peringatannya tentu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya namun tidak akan mengurangi tujuan dari peringatan ini.

Tanya.?Bagaimana tangapan ibu Selaku Anggota komite III DPD RI yang melihat Situasi bangsa indonesia yang belum bersih bersinar dari Narkoba?..

Jawab,.Dibutuhkan kerjasama dan dukungan seluruh lapisan masyarakat termasuk generasi millennial untuk mewujudkan Indonesia bersih dari narkotika. Tidak mudah memang, tapi ini adalah tugas dan tujuan bersama, mencegah, memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Indonesia.

Tanya,.Sistem/Regulasi apa yang harus dapat menguatkan agar para bandar dan penguna narkoba dapat menekan angka menurun dari peredaran maupun penguna?..

Jawab,.Regulasi tentang narkotika di Indonesia sudah sangat jelas. Sekarang yang dibutuhkan adalah komitmen dan tindakan tegas dari para aparat penegak hukum. Kejahatan narkotika ini adalah kejahatan yang luar biasa, jadi penanganannya pun harus jelas dan tegas untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkotika di Indonesia.

Tanya,.Bagimana melihat Tempat Rehabilitasi yang ada Saat ini yang dimiliki pemerintah?..

Jawab,.Tempat rehabilitasi yang disediakan negara menurut Saya sudah sangat memadai dan tersedia di beberapa tempat di Indonesia dan semua fasilitasnya pun gratis untuk proses rehabilitasi korban maupun pemakai narkotika. Tentu, setiap pasien akan mendapatkan perlakuan sesuai dengan tingkat ketergantungan masing-masing dan akan melalui beberapa fase rehabilitasi.

Tanya,.Solusi apa untuk mengatasi persolan Narkoba agar bangsa indonesia bebas narkoba?…

Jawab,.Salah satunya adalah meningkatkan peran keluarga khususnya, orang tua dalam melindungi anak-anaknya. dari ancaman penyalahgunaan narkotika.  Ajak anak anak untuk berdiskusi, beri pemahaman terkait bahaya narkotika. Selain itu, tanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini untuk membentengi keluarga dari pengaruh buruk narkotika.

Tanya,.Sosialisai apa yang tepat agar dapat mencegah baik kalangan generasi penerus bangsa bebas Narkoba dan kalangan Pejabat,dosen,dll..

Jawab,.Upaya sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika tentu udah sering dilakukan melalui media sosial,  maupun penyuluhan di tengah masyarakat yang melibatkan banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan melawan narkotika.  Yang dibutuhkan adalah kesadaran masing-masing individu bahwa narkotika itu berbahaya dan jangan pernah dekati.

Bagaimana menyikapi ASN oknum Bea Cukai bila terlibat Pengguna pada Narkoba?…

Jawab,.Peraturan Undang-Undang sudah sangat jelas terkait hal Ini. Tindak tegas bila terbukti oknum ASN Bea Cukai tersebut dan pastikan bahwa proses hukumnya berjalan sesuai hukum yang berlaku.

Tanya,.apakah harus ada kurikulum yang dimasukan kepada Kemendikbud agar ada pelajaran Narkoba.

Jawab,.Pemerintah perlu menyiapkan program yang tepat untuk pendidikan anti narkotika Di sekolah maupun kampus.  Tujuannya agar memberi pendidikan kepada para siswa,dan mahasiswa. tentang bahaya dan penggunaan narkotika. Tentu,  peran guru dan pihak yang berwenang sangat dibutuhkan untuk melindungi generasi muda dari bahaya narkotika.

Tanya,.Harapan di Hari HANI apa kedepan?..

Jawab,.Pada peringatkan hari anti narkotika internasional tahun ini, Saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara untuk hidup 100%. menjadi pribadi yang sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkotika.

Saya juga berharap pada generasi millenial untuk menjauhi narkotika apapun alasannya, karena sangat berbahaya dan akan merusak masa depanmu. Mari ciptakan lingkungan yang positif, dan teruslah berkarya untuk Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *