BKT Sidoarjo Terima Pekerja untuk 2.890 Tenaga Kerja

Oleh : Yudi Nugroho

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Tenaga kerja yang terampil dan professional salasatu kunci bagi pengusaha untuk menjalankan usahanya. Namun selama ini perusahaan seringkali mengalami kesulitan untuk mencari pekerja ber SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas, padahal pencari kerja begitu banyak dan kesulitan mencari informasi tentang  lowongan pekerjaan.

Untuk mengatasi masalahnya, Pemerintah berkewajiban membantu mempertemukan antara pengusaha dan pencari kerja yang saling membutuhkan melalui kegiatan Bursa Kerja Terbuka (BKT), seperti halnya yang dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kab. Sidoarjo pada hari Selasa (8/5) di GOR Delta Sidoarjo. Mengingat Sidoarjo merupakan kota industri dan kota urban.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo, Arif Makin, SH, selaku ketua panitia melaporkan bahwa Bursa Kerja Terbuka melaporkan, tujuan dilaksanakannya Bursa Kerja Terbuka ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada pencari kerja yang telah memiliki kartu pencari kerja dan telah mendaftarkan diri untuk memperoleh informasi lowongan kerja.

“Dan Bursa Kerja Terbuka (BKT)  pada hari ini diikuti oleh 55 perusahaan dari Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya, yang menyediakan  2.890 lowongan pekerjaan dan dihadiri oleh lebih kurang 3.500 orang pencari kerja,” terang Arif.

Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah, SH, M.HUM, menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menumbuh kembangkan pembangunan ketenaga kerjaan yang telah tertuang dalam misi RPJMD tahun 2016 – 2021. Dimana meningkatnya perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi berbasis Industri pengolahan, pertanian, perikanan, pariwisata, UMKM dan koperasi serta pemberdayaan masyarakat, dengan target menurunkan tingkat Pengangguran Terbuka.

Di Kabupaten Sidoarjo jumlah pengangguran terbuka terus mengalami penurunan, yang semula di tahun 2015 sekitar 68.311 orang dan di tahun 2017 turun menjadi 53.475 orang.
Penurunan jumlah pengangguran terbuka ini tentunya didukung oleh semua pihak dengan pelayanan, penempatan kerja dan jabatan secara optimal, mengingat setiap pencari kerja memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Selain itu pada BKT ini juga menginformasikan pasar kerja dan lowongan kerja baik Antar Kerja Lokal (AKL), maupun Antar Kerja Antar Daerah AKAD), yang bisa di akses dengan baik oleh para pengusaha dan pencari kerja,” ungkap Abah Ipul, sapaan akrab bupati.

 

editor: maliki hd

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *