Bolos 46 Hari, Dua ASN Dipecat

  • Whatsapp

Oleh Jecko Poetnaroeboen

TUAL, AMUNISINEWS.CO.ID – Dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tual resmi Pecat secara tidak dengan Hormat karena dinilai telah lalai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Pagawai Negeri Sipil (PNS).

Sanksi pemecatan disampaikan langsung oleh sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tual, Drs. Ahmad Rahanyamtel, pada saat apel perdana yang berlangsung di pelataran balai Kota Tual, senin (6/20).

Apel perdana yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Tual dan di pimpin langsung oleh Walikota Kota Tual, Adam Rahayaan. S. Ag, M. Si dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, dan didampingi oleh Sekda Achmat Yani Renuat. M.Si serta melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kota Tual.

Untuk itu, Sanksi Pemecatan dan Pemberhentian dua (2) Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut, atas nama Tamsir Singgi Tehuayo S. Ip pada kantor Kecamatan Pulau-pulau Kur kota tual dan Jules Bernadus Karmomyanan pada kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Tual. Keduanya diberhentikan sesuai Surat Keputusan Wali kota Tual Nomor 01 dan 02 Tahun 2020 tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Tindakan ini dilaksanakan berdasarkan pertimbangan Wali Kota Tual atas surat aduan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual Nomor 800/58/2019 tertanggal 09 Desember, perihal mohon tindak lanjut pelanggaran disiplin. Serta Surat Camat Pulau-Pulau Kur Kota Tual Nomor 800/138/2019 tertanggal 18 Desember 2019, perihal laporan ASN yang lalai tugas.

Oleh sebab itu, Kedua ASN tersebut dipecat akibat meninggalkan tugas secara akumulasi dan secara terus menerus melebihi Empat Puluh Enam (46) hari kerja dan telah di panggil beberapa kali (lebih dari dua kali) namun yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan tersebut.

“Kedua ASN dinilai melanggar ketentuan pasal 3 ayat ( II ) dan perlu di jatuhkan hukuman disiplin tingkat berat sebagaimana diatur dalam pasal 10 angka 9 huruf d Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai negri sipil.”

Berdasarkan surat keputusan tersebut apabila tidak ada banding administratif maka keputusan ini mulai berlaku pada hari kelima belas terhitung mulai tanggal pegawai negeri sipil yang bersangkutan menerima keputusan tersebut.

Selain itu, kedua oknum dijatuhkan hukuman yang setimpal dengan pelanggaran disiplin yang dilakukannya, yakni dengan tindak hukuman Pemberhentian Tidak Dengan Hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *