Boss Smelter PMP Tangkapan Mabes Polri di Vonis Hanya 2 Bulan Penjara

Oleh, Herman Saleh

SUNGAILIAT, AMUNISINEWS.CO.ID – Asui alias Siauw Sui Thin Direktur Smelter PMP, yang ditangkap oleh Mabes Polri atas kepemilikan Bijih Timah ilegal diputuskan oleh Majelis Hakim PN Sungailiat Bangka, hanya 2 bulan penjara, Selasa (11/6).

Dalam sidang yang awalnya dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat digantikan oleh Benny, SH, MH sebagai Ketua Majelis dan Oloan SH, MH dan Jhonson Parancis, SH, MH sebagai hakim anggota, memuttuskan 2 bulan penjara kepada Asui dan denda 100 Juta rupiah Subsider 1 bulan kurungan.

Vonis yang diberikan Majelis hakim lebih ringan 1 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ari Pratama, SH yang hanya menuntut 3 bulan hukuman dan denda Rp 100 juta subsider satu bulan kurungan kepada Asui.

Kasus yang menyeret Asui duduk sebagai pesakitan di PN Sungailiat, Kamis (11/10/2018), Smelter PMP yang terletak di Kawasan Industri Sungailiat kabupaten Bangka di gerebek oleh Tim Mabes Polri, sebagai Direktur PT PMP, Asui tidak bisa menunjukkan asal usul kepemilikan 1 Truk bijih timah di Gudang PT PMP saat di gererebek tim Mabes Polri.S

Sewaktu di gerebek di Smelter PT PMP,  tim Mabes Polri berhasil mengamankan 9 kantung pasir timah kering  yang diangkut menggunakan truk warna kuning merk Mitsubishi colt nopol BN 8036 QB, yang diduga berasal dari seorang Bos pengumpul  timah di Parit Tiga Jebus Bangka Barat inisial AK.

Informasi yang dihimpun wartawan dari seorang sumber menyebutkan, sidang tuntutan yang sempat 2 kali ditunda tersebut digelar tanggal 27 Mei 2019 lalu. Sayangnya, kondisi Pengadilan lengang dari awak media saat itu. Dan, hebatnya lagi, agenda sidang tuntutan tersebut pun digelar berbarengan dengan pembacaan vonis Asui dalam sidang yang digelar singkat saja.

Sidang yang awalnya dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat digantikan oleh Benny, SH, MH sebagai Ketua Majelis dan Oloan SH, MH dan Jhonson Parancis, SH, MH sebagai hakim anggota.

Vonis yang diberikan Majelis hakim lebih ringan 1 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ari Pratama, SH yang hanya menuntut 3 bulan hukuman dan denda Rp 100 juta subsider satu bulan kurungan.

Namun sangat disayangkan atas vonis tersebut, Humas Pengadilan Negeri Sungailiat, Jhonson Parancis, SH, MH enggan memberikan komentar pada amunisinews.co.id.

Diketahui sebelumnya pada sidang Selasa pagi (21/5) sekitar pukul 10.00 WIB terdakwa dalam perkara ini datang mengenakan baju batik didampingi penasehat hukumnya, Cecep Sunanto, SH. Asui memang tidak ditahan saat menjalani proses hukumnya.

Sekitar pukul 13.00 WIB sidang pun digelar di ruang sidang dua PN Sungailiat. Proses sidang berjalan kilat. Lantaran majelis hakim memutuskan untuk menunda persidangan pada Senin (27/5) mendatang.
JPU, Ari Pratama usai persidangan membenarkan sidang tuntutan terdakwa Asui ditunda Senin mendatang. Begitupun Pengacara Asui, Cecep mengatakan sidang ditunda lantaran ketua majelis dalam kondisi sakit saat itu.

 

27 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ditangkap, WN Malaysia Selundupkan 37 Kg Sabu

Rab Jun 12 , 2019
oleh ulis jp JAKARTA , AMUNISINEWS.CO.ID – Ditrektorat IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim menangkap 6 tersangka Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia penyelundup narkotika jenis sabu 37 kilogram. Mereka ditangkap di perairan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. “Kami menangkap SHN sebagai nahkoda kapal serta MIF, IKZ, SLH, RHM dan MHS. […]