Dadang Suwanda, SE: Mewujudkan Tujuan Desentralisasi

  • Whatsapp
Dadang Suwanda, SE, MM, M.Ak, Ak,CA

Oleh: Budi Setiawan

Dadang Suwanda, SE, MM, M.Ak, Ak,CA
Dadang Suwanda, SE, MM, M.Ak, Ak,CA

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM – Asas desentralisasi adalah penyerahan Urusan Pemerintahan dari pemerintah atau daerah tingkat atasnya kepada daerah yang menjadi urusan rumah tangganya. Ditinjau dari segi pemberian wewenangnya asas desentralisasi adalah asas yang akan memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengatur dan menagani urusan- urusan tertentu sebagai urusan rumah tangganya sendiri.
Asas Desentralisasi merupakan upaya untuk mewujudkan seuatu pemerintahan yang demokratis dan mengakhiri pemerintahan yang sentralistik. Pemerintahan sentralistik menjadi tidak populer karena telah dinilai tidak mampu memahami dan memberikan penilaian yang tepat atas nilai-nilai yang hidup dan berkembang di daerah.

Menurut UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, otonomi daerah (Otda) adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Otda merupakan sistem perpanjangan kewenangan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk melaksanakan pemerintahan sendiri di wilayahnya.

Sistem otda diharapkan mampu membangun negara secara lebih efisien karena implementasi pembangunan dilaksanakan di daerah secara langsung. Dengan kewenangan yang diberikan pemerintah pusat ke pemerintah daerah harusnya dapat memberi layanan kepada publik dengan lebih baik karena pemerintah berada lebih dekat dengan masyarakat. Pun, sistem desentralisasi atau otda ini mendukung demokrasi sehingga memunculkan pemimpin pemerintahan baru yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Dadang Suwanda, SE, M.M, M.Ak, Ak,CA.mengatakan, mewujudkan tujuan desentralisasi, agar pembangunsn negara lebih efesien, perlu dilakukan perbaikan sistem administrasi. Seperti perbaikan kelembagaan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, sampai ke pemerintahan desa. Disemua level birokrasi harus menghayati posisi dan perannya serta mengikuti perkembangan disiplin administrasi yang semakin maju. Kondisi ini diperlukan dalam menghadapi kemajuan dan perubahan lingkungan strategis yang bersifat multidimensi. Sasaran yang  ingin dicapai adalah terwujudnya birokrasi pemerintahan yang profesional, beretika, dan efektif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, serta dapat memenuhi tuntutan publik terhadap kebutuhan pelayanan yang semakin berkualitas.

“Otda harus tetap dalam konsep dan bingkai negara kesatuan Ripublik Indonesia. Dalam kebijakan pembuatan peraturan, pemerintah daerah harus melakukan sinkronisasi dengan kebijakan pemerintah pusat. Hal ini perlu dilakukan agar semua produk peraturan daerah selaras, tetap selaras dengan kebijakan pemerintah pusat,” harap Dadang Suwanda, Kamis, 26/10/2017.

Untuk merealisasikan tujuan desentralisasi, selain memperbaiki kelembagaan dan kebijakan di semua level pemerintahan, ada yang lebih penting untuk diperbaikinya, yaitu kualitas sumberdaya manusia. Tanpa  sumberdaya manusia yang memiliki integritas dalam semua level birokrasi, maka tujuan desentralisasi tidah akan terwujud.

“Leadership juga sangat menentukan dalam mewujudkan tujuan desentralisasi untuk mewujudkan kerberhasilan otoda. Dengan memahami potensi daerahnya dan mampu mengelolanya, maka seorang kepala daerah akan mampu memanfaatkan potensi daerahnya dengan maksimal, untuk menuju daerah yang otonom dan mandiri,” tegasnya.

 

 

editor: maliki hd

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *