Dalam Dua Bulan, Polda Metro Jaya Ungkap 1,3 Ton Ganja

  • Whatsapp
oleh Ulis JP
JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID-Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya  mengungkap kasus peredaran barang haram Narkoba jenis ganja seberat 1, 3 ton.

Pengungkapan kasus tersebut, usai Polda Metro Jaya, bekerja sama dengan Polres jajarannya, selama kurun waktu dua bulan terakhir.

“Ini kasus penyelidikannya selama 2 bulan. Kita berhasil menyita 1,343 ton Narkoba,” kata Irjen Pol Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Selain mengamankan barang haram jenis ganja seberat 1, 3 ton, petugas kata Nana, berhasil mengamankan 5 hektar lahan ganja dan 19 orang tersangka dalam pengungkapan kasus tersebut.

Sementara itu, salah satu dari 19 tersangka tersebut, terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur oleh petugas lantaran melawan petugas saat diamankan polisi.

“Satu tersangka terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur lantaran melawan petugas saat ditangkap,” jelasnya.

Untuk membongkar kasus tersebut sampai ke akar – akarnya, polusi terus menggali keterangan dari tersangka. Karena, polisi tak yakin jika kasus itu hanya dilakukan oleh ke 19 tersangka yang diamankan polisi saat ini.

Kepada polisi tersangka mengaku bahwa bahwa narkoba jenis ganja itu berasal dari Mandailing Natal, Sumut. Berangkat dari keterangan pelaku, polisi lalu menuju TKP, dengan dibantu oleh Polda Setempat.

Di sana tim lanjut Nana, menemukan ladang ganja seluas 5 hektar dengan tinggi batang pohon sekitar 150 sampai 200 cm, yang terdapat di desa Banjarlancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing, Sumatera Utara.

“Ladang 5 hektar itu kalau panen bisa mencapai 60 ton. Kalu dirupiahkan hampir 60 miliar. Tapi ladang sudah kita bakar,”terangnya.

Atas perbuatannya, para tersangka ini dijerat dengan Pasal 114 ayat 2, subsider Pasal 111 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1 UU RI nomer 35 tahun 2009 tentang narkotika. Para tersangka terancam hukuman penjara seumur hidup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *