Dalam Penegakan Maklumat Kapolri, Tamu Resepsi Para Petinggi Polri agar Diminta Keterangan

  • Whatsapp

Oleh, Budi Setiawan

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID.- Menyikapi persoalan yang terjadi di jajaran Polri yaitu Kapolsek Kembangan Jakarta Barat
Kompol Fahrul Sudiana pada saat adakan resepsi pernikahan
dengan selebgram Rica Andriani di hotel Mulia – Senayan
ditengah mewabah penyakit Corona.

Sekelumit  Petikan wawancara, Jurnalis amunisinews.co.id,  Budi Setiawan, Rabu,8/4/2020. bersama DR.H.Alirman Sori, SH.,M.Hum,.MM, Ketua Panitia Perancang Undang-Undang DPD RI. Sekaligus Anggota DPD RI. daerah Pemilihan Sumatera Barat.

Tanya,..Bagaimana Pendapat Bapak DR.H.Alirman Sori selaku ketua Panitia Perancang Undang-Undang DPD RI menyikapi persoalan yang terjadi oleh Kapolsek kembangan dalam acara Resepsi pernikahan karena adanya Maklumat Kapolri disaat wabah Covid-19.

Jawab,..Sebagai aparat Kepolisian Kapolsek Kembangan, mesti tentu harus mematuhi maklumat Kapolri sebagai pucuk pimpinan tertinggi di Polri.

Tanya,..Apakah Pendapat Bapak Para tamu undangan baik Pati, Pamen yang hadir harus di periksa karena adanya Maklumat Kapolri yang melarang adanya kerumunan untuk memutus matarantai Covid-19 apa Sanksi tegasnya?..

Jawab,Dalam kontek penegakan maklumat Kapolri, seharusnya diminta keterangan semua pama, pamen dan pati yang hadir, untuk menegakan wibawa Maklumat Kapolri.

Tanya,.Karena ini Menjadi Buah bibir di Masyarakat apakah nanti dampak Kepercayaan masyarakat terhadap insitusi Polri menurun di karenakan lemahnya penindakan hukum?…

Jawab,..Apabila tidak ada tindak yang konkrit terhadap soal ini, bisa saja dapat menimbulkan distrust, karena Maklumat Kapolri tidak diindahkan oleh aparatnya sendiri.

Tanya,.Bagaimana seharusnya menurut pandangan dari Sudut hukumnya bagi Langkah Kapolri selaku pucuk pimpinan tertinggi di kepolisian?..

Jawab,.Saran saya,,Kapolri mesti memanggil dan meminta keterangan, sehingga publik menilai bahwa Kapolri dalam penegakan Maklumat yang dibuat sendiri sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia tidak terkesan main-main.

Tanya,..Solusinya Apa menurut Bapak yang harus diselesaikan persolan ini dalam hal sisi hukumnya?…

Jawab,..Solusinya adalah penegakan hukum sesuai isi dari maklumat Kapolri itu sendiri, apa yang dilanggar, tentu harus diterapkan sanksinya.

Tanya,.Apakah DPD RI  Hal ini dalam menyikapai persoalan ini?..

Jawab,.DPD RI, menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri, karena ini adalah masalah atau urusan internal Polri.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *