Danlantamal V Tutup TMMD ke-106 di Sidoarjo

  • Whatsapp

oleh Tama/yan

SIDOARJO, AMUNISI – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Tahun Anggaran 2019 resmi ditutup oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP dan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M. Hum di Alun-Alun Sidoarjo, Rabu (30/10/19).

Danlantamal V  Tutup Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP dan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M. Hum saat menghadiri Acara Penutupan Program TMMD Ke-106 di Alun-Alun Sidoarjo, Rabu (30/10/19).

Program TMMD yang dimulai pada 02 Oktober 2019 sampai 31 Oktober 2019 di desa Kupang, Kecamatan Jabon telah berhasil menyelesaikan pembangunan sesuai target. Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, SH, CHRMP., selaku Inspektur Upacara menyampaikan, “Hari ini merupakan penutup TMMD ke 106. TMMD tahun ini merupakan TMMD yang ke-39. TMMD sejatinya adalah wujud sinergitas dan kemanunggalan TNI, Pemerintah Daerah (Pemda), serta masyarakat yang bahu-membahu melaksanakan pembangunan daerah, khususnya pembangunan desa. Terdapat kegiatan pembangunan fisik maupun non-fisik dalam program TMMD. Pembangunan fisik meliputi penguatan jalan beton dan jembatan, pavingisasi, perbaikan sekolah, pembangunan plengsengan dan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di 30 titik di desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kab. Sidoarjo”, jelasnya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M. Hum juga mengatakan, “TMMD yang dulunya adalah AMD (ABRI Membangun Desa) ini sudah dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sidoarjo dalam skala kecil, skala besar maupun skala nasional. TMMD kali ini termasuk dalam skala besar. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur desa seperti pembangunan jembatan, perbaikan Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), dan jambanisasi sudah diusahakan menyeluruh. Sehingga diharapkan bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Desa Kupang”, pungkasnya.

Sementara itu Kapten Arh. Puji Wihardi selaku Danramil 0816/15 Sukodono menyampaikan, “Dengan meraih juara ketiga dalam lomba UMKM Persit, kami sangat bangga walau meraih juara ketiga. Namun dengan begitu kita tidak patah semangat untuk terus berupaya dan untuk lebih mengenalkan produk UMKM, terlebih produk unggulan brambang goreng crispy rasa-rasa, aneka rasa singkong atau getuk dan kopi kaji Babinsa, yang tadi sempat digelar bazar dalam penutupan TMMD ke 106 yang dilaksanakan di Alun-alun Sidoarjo”, ujarnya.

Lebih lanjut Danramil Sukodono mengatakan, “Kita juga berharap masyarakat dan Pemerintah bisa ikut berperan serta dalam pengembangan produk khusuanya di Sukodono, karena Danramil bersama masyarakat akan senantiasa berupaya untuk mengenalkan produk khas Sidoarjo, khususnya Kecamatan Sukodono”, imbuh Kapten Arh. Puji.

Bunda Persit Sukodono Ranting 16 Cabang XLIII Kodim 0816 Sidoarjo juga menambahkan, “Kali ini, kami dari Koramil sukodono menonjolkan Brambang goreng crispy rasa-rasa, sinom, aneka rasa singkong atau getuk, juga Kopi Babinsa,” terang Bunda Rofik selaku salah satu anggota Persit Sukodono Ranting 16 Cabang XLIII Kodim 0816 Kodim Sidoarjo.

“Kami berharap supaya kedepannya lebih banyak dukungan dan fasilitas untuk mengembangkan dan meningkatkan produk UMKM. Sehingga produksi UMKM Kecamatan Sukodono bisa menembus pasar yang lebih luas hingga tingkat nasional maupun internasional”, ucap Bunda Rofik.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Inf. Sudaryanto, SE, Kolonel Laut Kelik Hariyadi (Asintel Danlantamal V), Kolonel Laut) (P) Agus Prabowo Adi ( Asops Danlantamal V), Kolonel Laut Atmu Edi (Aspotmar Danlantamal V), Kol Mar Edi Prayitno (Asops Danpasmar 2), Kolonel Laut Joko Tri Suhartono (Dan Pomal Lantamal V), Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho (Kapolresta Sidoarjo), Letkol Inf. Mohamad Iswan Nusi SH (Dandim 0816 Sidoarjo), serta Usman (Ketua DPRD Sidoarjo).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *