Delapan Kolam Pembibitan di BBIS Pemali Ditelantarkan

  • Whatsapp

 

kolam biibit ikan

AMUNISINEWS.COM, SUNGAILIAT –Beberapa kolam yang dibangun untuk pembibitan ikan di Balai Benih Ikan Sentral Pemali sejak dibangun benerapa tahun yang lalu sampai saat ini ditelantarkan atau tidak digunakan sama sekali oleh Balai Benih Ikan Sentral dibawah SKPD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung.

Kolam bibit yang ditelantar atau tidak digunakan itu berjumlah delapan kolam.Saat ini kondisi kolam kolam bibit tersebut sangat memprihatinkan, kolam kolam itu dipenuhi semak belukar dan sudah pecah pecah.

Hal itulah membuat LSM Gebrak menyorotinya melalui Ketua bagian investigasi Ismail saat dikonfirmasi setelah berkunjung ke lokasi BBIS Pemali Sungailiat pada Minggu (4/8). Kepada wartawan Ismail menjelaskan tidak habis pikir dengan kinerja DKP Provinsi Babel ini sampai menelantarkan bangunan kolam tersebut menjadi tidak terawat dan tidak pernah digunakan sama sekali. “Untuk apa mereka membangunnya dengan uang Negara sampai milyaran rupiah, apakah memamg proyeknya bermasalah sejak dibangun sehingga tidak difungsikan sama sekali, apasih kerja Kadis DKP Provinsi Babel,” sesal Ismail.

“Dari info yang saya dapati, kolam kolam untuk pembibitan itu dibangun pada tahun anggaran 2013 dan 2014. Pernah direhab pada tahun 2015, semua dana yang digunakan untuk membangun dan merehab kolam kolam bibit itu dengan dana APBD Provinsi Bangka Belitung melalui Dinas Kelautan dan Perikan Provinsi Bangka Belitung, dimana dana untuk membangun sebuah kolam bibit ikan itu diperkirakan mencapai rarusan juta rupiah bahkan ada yang mencapai milyaran rupiah untuk  satu kolam,” tambahnya

Berdasarkan informasi yang didapat harian ini pada Minggu sore (4/9) di BBIS Pemali, memang benar bahwa kolam kolam untuk bibit ikan itu tidak pernah digunakan sama sekali karena banyak kolam yang bocor setelah selesai dibangun..(man)

 

 

Pos terkait