Demo Warga Tuntut Bupati, SK Kades Klantingsari Terpilih agar Ditunda

  • Whatsapp
Ratusan warga demo bupati Sidoarjo

Oleh : Yudi Nugroho

Demo bupati Sidoarjo, ratusan warga gruduk pemkab Sidoarjo -Jati

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Padatnya jadwal kegiatan bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah mendapat kejutan ratusan Warga Desa Klantingsari, kecamatan Tarik ngeluruk Pendopo Sidoarjo Senin (7/5). Mereka mendesak pelantikan kepala desa terpilih  Wawan Setyo Budi Otomo  untuk ditunda. Aspirasi warga yang datang dikarenakan bukan tanpa sebab.Pasalnya, hal itu menyisakan persoalan dan gugatan di PTUN.

Salasatu warga Klantingsari Nanang Priyanto, mengatakan hingga sekarang kasus pilkades Klantingsari masih dalam proses hukum dan  masih gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), ungkapnya kepada wartawan.

“Kami meminta pada bupati Sidoarjo untuk menunda pelantikan kades terpilih Klantingsari,” ujarnya.

Masih kata Nanang, sebelum gugatan di PTUN belum ada putusan, kami meminta pelantikan kades Klantingsari harus ditunda dan tidak dilaksanakan oleh bupati,” terangnya.

Samentara saat ditemui perwakilan pendemo bupati Sidoarjo Saiful Ilah hingga sekarang belum menandatangani SK pelantikan Kades terpilih Klantingsari.

“Kalau masih ada masalah. Iya ditunda pelantikannya, saya tidak tandatangani, “terang bupati singkat.

Diketahui menurut sumber dilapangan, pelanggaran  pada pelaksanaan pilkades Klantingsari yang memakai metode  e-voting masih disinyalir banyak penyimpangan. Seperti jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) melebihi dari suara pemilih dengan  kelebihan Suara 36 orang.

Tercatat DPT di Klantingsari ada 3.121, sedangkan yang menggunakan hak pilihnya  2.724 warga dan tidak hadir 397 orang. Dari rekapitulasi Calon nomor dua Suherno Widiyanto mendapat 1.274 suara. Sedangkan nomor satu Wawan Setyo Budi Otomo mendapat 1.482 suara. Untuk itu  warga meminta pelantikan  yang sekiranya akan dilaksanakan pada 9 Mei 2018 ditunda.

 

 

 editor: maliki hd

 

Pos terkait