Desa Junti adakan Sosialisasi Peningkatan ‘Kamtibmas’

  • Whatsapp

Oleh : Yadi

SERANG, AMUNISINEWS.CO.ID.  -Dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat di wilayah Desa Junti Kec Jawilan  pada Kamis (18/10/2018). Desa Junti selenggarakan kegiatan Sosialisasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Tahun Anggaran 2018, bertempat di Aula Desa Junti  Jl Gabus Raya -Pamarayan

Acara dibuka secara resmi oleh Perangkat Desa Junti Aceng yang diikuti oleh  Kasi PMD Kec Jawilan Usman S. Pd Yang di dampingi oleh Pelaksana Kasi PMD, turut hadir Babinkamtibmas Desa Junti Polsek Jawilan Aiptu Ahmad Rifa’i,  Babinsa Desa Junti Koramil Kopo Serda Usup Suparno yang di dampingi Pelda Usep Saeful Ulum dan jajaran, Perangkat dan staf Desa Junti, Ketua RW, ketua RT, Tokoh Masyarakat, BPD, dan Unsur Kepemudaan.

Dalam sambutannya Aiptu Ahmad Rifa’i mengucapkan terima kasih kepada para Narasumber dan peserta sosialisasi yang telah berkenan hadir. Saya berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban serta sebagai upaya untuk meminimalisir tindak kriminalitas diwilayah masing-masing” ujarnya

Pada kesempatan ini saya berharap para narasumber dapat memberikan arahan, ilmu pengetahuan serta pemahaman tentang keamanan dan ketertiban di masyarakat kepada Lembaga Kemasyarakatan dan Linmas diwilayah Desa Junti,  harapnya.

Saya sangat mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini, pesertanya lengkap, ada Kelembagaan, kepemudaan dan Linmas Tingkat RT yang nantinya bisa bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, disini saya bertindak bukan saja sebagai narasumber, namun merupakan kewajiban saya sebagai Babinkamtibmas  Desa Junti  untuk memberikan pemahaman serta aturan-aturan dalam menjaga situasi, kondisi keamanan dan ketertiban diwilayah

Untuk pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

Sehubungan dengan hal itu berdasarkan Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam Pertimbangan huruf B ditegaskan, bahwa pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi Kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara yang dibantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Pada penjelasan di atas sudah mencerminkan bahwa Warga Negara juga memiliki peran penting dalam menciptakan ketertiban dan keamanan.

Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Ronda, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan. Pos Ronda dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang di rotasi setiap minggunya

Kita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Sistem Keamanan Lingkungan yaitu Pos Ronda.

Kesimpulan dari bahasan di atas adalah masyarakat memiliki peran aktif dalam meningkatkan ketertiban dan keamanan, peran masyarakat itu bisa dibangkitkan dengan cara kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat salah satunya dengan mengadakan sosialisasi Sistem Keamanan Lingkungan yang memberikan pedidikan dan kesadaran untuk peduli ketertiban dan keamanan lingkungan. Dengan sosialisasi ini juga akan membuat mereka mengerti kebutuhan pentingnya sistem keamanan lingkungan mereka.

Kedisiplinan, kerjasama antar warga, pemahaman akan pentingnya ketertiban dan keamanan dalam masyarakat perlu ditingkatkan dengan berbagai sosialisasi dan pelatihan yang dirasa perlu untuk membentuk masyarakat yang mengetahui peran dan fungsinya dalam menciptakan ketertiban dan keamanan.ujarnya.

Saya berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban serta sebagai upaya untuk meminimalisir tindak kriminalitas diwilayah masing-masing” ujarnya. Pada saat ini tingkat kriminalitas sangat menggangu ketertiban dan keamanan masyarakat. Peran serta masyarakat akan sangat berarti dalam mewujudkan kondisi yang aman dan nyaman dalam masyarakat. Selain itu peran dan kewajiban masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman juga sudah tercantum dalam batang tubuh UUD 1945 yaitu kewajiban mereka sebagai Warga Negara seperti yang telah di atur pada Kedua Bab XII Pasal 30 Tiap-tiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

 

Pos terkait