Diduga Tidak Sesuai Speck, Proyek 29 Miliar di IAIN SAS Babel Ini Dipertanyakan?

  • Whatsapp

Oleh Robi / Herman  Saleh

PANGKALPINANG,AMUNISINEWS.CO.ID-Diduga dikerjakan tidak sesuai Speck dan gambar, Proyek pembangunan gedung  terpadu Syaikh Abdurrahman Sidikk (SAS) tahun 2018 milik IAIN Babel dipertanyakan.

 

Hal itu diketahui setelah Amunisi News lakukan giat investigasi lapangan kelokasi proyek tersebut yang terletak di Jln.Petaling KM 3 Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka.

Ditemukan ada item pekerjaan dinding bangunan yang soyogya nya menggunakan material Bata Ringan atau Hebel ternyata diganti oleh pemborong dengan Batako untuk pemasangan bagian lantai atas bangunan.

Hal ini patut untuk dipertanyakan apakah proyek pembangunan gedung terpadu SAS telah sesuai dengan Speck dan gambar perencanaan awal…?

Yudi selaku pengawas lapangan pada proyek itu mengakui jika pada bagian atas dinding bangunan tidak menggunakan hebel melainkan batako dengan alasan penyempurnaan pekerjaan biar tidak retak.

Dikatakan Yudi, Batako yang  terpasang pada bagian atas dinding bangunan dengan tinggi hanya 2,5 meter menyerupai bentuk seperti huruf U keliling.

” Memang batako yang kita gunakan pada bagian atas dinding untuk penyempurnaan pekerjaan ,tinggi nya hanya 2,5 meter,menyerupai bentuk seperti huruf U ,” ujar Yudi, Sabtu (3/10/2018).

Disinggung dimana  dinding bangunan bagian atas menggunakan batako apakah sudah sesuai dengan gambar pada perencanaan awal, yudi yang kala itu nampak agak sedikit kebingungan menjawab kalau tidak ada gambar yang direncanakan konsultan perencana sempurna dan tentu nya akan ada penyempurnaan yang dilakukan pelaksana nantinya.

“Tidak ada gambar yang direncanakan konsultan perencana sempurna, tentu akan ada penyempurnaan yang dilakukan pelaksana nanti nya, mengenai perbedaan harga antara Batako dan Hebel, bukan urusan saya, saya hanya sebagai pelaksana disini” Elak yudi yang terkesan membelok dari jawaban atas pertanyaan wartawan.

Untuk diketahui,Proyek Pembanguan gedung terpadu IAIN SAS Babel ini dikerjakan oleh PT ARDI TEKINDO PERKASA berkantor di Surabaya dengan nilai Kontrak Rp 29.436. 868.000, no kontrak 11/III/PPK/05/2018,sumber dana SBSB-DIPA IAIN SAS BABEL TA.2018 dan mendapat pendampingan hukum dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pos terkait