Dinkes Kabupaten Blitar Gelar Workshop Antisipasi Infeksi

  • Whatsapp
Dr. Christine Indrawati.saat membuka Pertemuan Workshop Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI)

Oleh : Dwi Armanto

Dr. Christine Indrawati.saat adakan Workshop Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI)

BLITAR, AMUNISINEWS.CO.ID – Puskesmas sebagai salah satu sarana Kesehatan yang memberikan Pelayanan Kesehatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Maka itu Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengajak seluruh Tenaga Kesehatan di Puskesmas untuk dapat memberikan Pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar.

Namun demikian, masyarakat yang menerima pelayanan kesehatan dan juga tenaga Kesehatan serta Pengunjung baik itu Rumah Sakit, Puskesmas, ataupun Klinik, tidak menutup kemungkinan di hadapkan pada Resiko terjadinya Infeksi.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr. Christine Indrawati.saat membuka Pertemuan Workshop Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) di Puskesmas,beberapa waktu yang lalu.

Acara yang di gelar selama 6 hari di Wisma PKPRI Jl Kalimantan no 30 tersebut diikuti oleh seluruh Puskesmas di Kabupaten Blitar dengan mengirim masing masing 5 Petugas. Sebagai Pemateri, Dinkes Kabupaten Blitar menggandeng 2 Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim yakni Drg Lili Aprilianti dan Dr Ani Julianti dan 3 Narasumber  dari RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar yaitu dr.Tri Wahyuning R, Ns Marsini dan Ns Setyaningsih.

Dalam workshop tersebut dipaparkan oleh Narasumber, Puskesmas selain sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat atau tempat Pengobatan ternyata Fasilitas tersebut juga bisa menjadi sumber berkembang biaknya kuman penyebab infeksi. Infeksi yang kami maksud adalah infeksi tambahan yang didapat dari tempat Pelayanan Kesehatan seperti Puskesmas atau Rumah Sakit.

Pada umumnya Proses Penularannya bisa terjadi lewat interaksi langsung maupun tidak langsung antara Petugas medis dan pasien, pasien satu ke pasien lain ataupun pasien kepada pengunjung, kemudian bisa juga melalui udara lewat batuk, bersin, bicara, melalui peralatan Medis dan juga melalui fasilitas medis seperti ruangan yang kurang terjaga bebersihannya” jelas Dr Lili.

Dr Lili menyebut upaya yang bisa dilakukan untuk bisa mencegah infeksi tersebut salasatunya adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan Fasilitas Kesehatan serta selalu mencuci tangan.

Hal senada juga dilontarkan oleh narasumber lainnya, bahwa bukan hanya Peralatan yang tidak steril saja yang bisa menimbulkan infeksi, Namun Perilaku Tenaga kesehatan dan Non kesehatan yang menggunakan Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit juga sangat menentukan, apakah infeksi itu terjadi atau tidak.

Terkait Dengan diadakan Workshop PPI bagi Puskesmas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Dr Kuspardani berharap, “Hendaknya bisa menambah wawasan bagi semuanya, baik itu Kepala Puskesmas dan petugasnya. seyogyanya hal tersebut bisa di laksanakan dan disosialisasikan kepada masyarakat.” paparnya.

 

editor: maliki hjd

 

Pos terkait