Doking Pulau Tidung Siap Beroperasi

Oleh Zahari

JAKARTA – AMUNISINEWS.CO.ID – Pembangunan tempat perbaikan kapal motor ikan (doking) yang baru di Pulau Tidung Besar, Kabupaten Kepulauan Seribu, selesai tepat waktu.

Uji coba operasional doking dengan menaikan dan menurunkan kapal yang melakukan perbaikan atau refair berjalan lancar tanpa hambatan.

“Saat ini lagi mempersiapkan personil operator doking, sudah direkrut 3 orang warga setempat untuk dilatih menjadi operator naik dan turun kapal motor dari galangan,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Suku Dinas ( Kasudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Seribu, Mahad menjawab pertanyaan Amunisinews di Jakarta, kemarin.

Bila sudah dilatih dan siap, ucap Mahad awal November doking Pulau Tidung bisa melayani kapal motor nelayan untuk melakukan perbaikan atau repair body kapal dan lainnya.

Saat ini seluruh kondisi doking baru yang dibangun menggunakan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun 2019 dan menghabiskan dana Rp 3,6 milyar sudah siap beroperasi melayani masyarakat pemilik kapal.

Secara teknis sebut Mahad jalur turun naik kapal 100 persen siap beroperasi. Kondisi rel, lori untuk dudukan kapal, seling sebagai penarik turun naik kapal dan wing serta mesin penggerak secara keseluruhan tidak ada masalah.

Paling yang perlu ditambah agar tali seling tidak bergesekan dengan dinding rumah mesin, sebut Kepala UPPP Muara Angke itu ada tambahan berupa lover atau takal.Kemudian ada hal yang sangat mengganggu tarikan tali seling adalah pondasi jalur turun naik kapal yang perlu dipapas.

Mahad yang sangat berpengalaman dibidang doking kapal motor menjelaskan hal-hal yang kecil sangat mengganggu dia langsung memerintahkan kontraktor PT Pharma Karya Adhimandiri untuk segera membenahi sekaligus merapikan segala kebutuhan operasional doking itu.

 

104 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KORAN AMUNISI

dan AMUNISINEWS.CO.ID

Ide dasar penerbitan Surat Kabar Umum (SKU) Amunisi dan Amunisinews.co.id antara lain membantu pemerintah dalam upaya penegakkan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) No, 68 tahun 1999, yang ditetapkan pada 14 Juli 1999 mengatur bagaimana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara, termasuk membantu penegakan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Amunisi adalah bagian dari masyarakat, yang diharapkan pula dapat berperan aktif. Karena itu, sebagai media cetak, yang akan turut serta dalam penegakkan hukum di Indonesia, Amunisi harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Tentunya, diaflikasikan dalam bangun tubuh (halaman) dengan organ-organ (rubrikasi) yang tepat sasaran, yakni setiap yang disajikan adalah berisi informasi-informasi yang digali melalui kerja keras investigasi dengan pendalaman yang dapat dipertangungjawabkan.