DR Hj Maimanah Umar Sosok Kharismatik dan Teladan Bagi Semua Orang

  • Whatsapp

Oleh Budi Setiawan

JAKARTA,AMUNISINEWS.CO.ID- Sosok kharismatik, yang menjadi teladan, DR Hj.Maimanah Umar MA  telah dipangil sang kholik pada,Senin (2/12/19) .di Rumah Sakit Mahkota,Malaka,Malaysia. Saat itu, warga Riau merasa sangat kehilangan tokoh ini.

Hj. Maimanah Umar, MA lahir di Teratak Buluh, tanggal 05 Mei 1937. Maimanah Umar merupakan anggota DPRD Provinsi Riau empat periode, mulai tahun 1977 sampai 1998. Saat Maimanah menjadi anggota DPRD untuk pertama kalinya, sang suami (almarhum) Drs H Maridin Arbis terpilih menjadi anggota DPR periode tahun 1977-1982.

foto bersama ibunda hj Maimanah Umar (sebelum wafat) bersama putri nya DR.MISHARTI saat dirumah sakit Mahkota,Malaka

Maimanah awalnya adalah dosen di Yogyakarta dan berstatus pegawai  negeri sipil. Selain mengajar, Maimanah juga aktif di beberapa organisasi di antaranya Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Persatuan Wanita Departemen Agama (Perwanida) Provinsi Riau, dan Ketua Kelompok Kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Riau. Selain dikenal sebagai dosen dan politisi, Maimanah Umar juga seorang pendakwah.

Maimanah Umar  merupakan anggota DPD RI perwakilan Provinsi Riau 3 periode 2004 – 2009,  tahun  2009 – 2014,  tahun 2014 – 2019. DR. Hj. Maimanah Umar, M.A terpilih kembali menjadi anggota DPD RI mewakili Provinsi Riau periode tahun 2014 – 2019 setelah berhasil memperoleh 184.625 suara.

Dia  berhasil mengkaderkan putri bungsunya, DR.Misharti untuk melanjutkan estafet perjuangan menjadi Anggota DPD RI .

“Terasa bunda sudah mempersiapkan kepergiaannya. Beliau sudah selesaikan semua tugasnya. Sudah menyelesaikan tugasnya sebagai anggota DPDRI, sudah berhasil mengantarkan anaknya menjadi anggota DPD RI , kelihatan tidak ada beban alhamdulillah saya dan kakak saya yang bernama Maryenikyanda ada bersama beliau saat beliau menutup mata di rumah sakit,dan semuanya ini terasa mimpi,”  ujar DR.Misharti kepada,Jurnalis,amunisinews.co.id Sabtu,(7/12/19) dalam keterangan Via Wahtshap(WA).

 

“Sosok ibunda almarhumah Dr Hj Maimanah Umar menjadikan inspirasi dan motivasi bagi saya, beliau penuh semangat, tak pernah mengeluh, pantang menyerah , memberikan kasih sayang dengan penuh keibuan, bisa menjadi teman berdiskusi di kala anak-anak nya butuh arahan dan sangat banyak tunjuk diajarkan yang beliau berikan kepada kami,” tutur putri bungsunya DR.Misharti.

 

“Almarhumah ibunda saya selalu memberikan kemudahan kepada siapa saja yang berkeluh kesah kepada nya, beliau ikhlas dan berpositif thingking kepada orang. Mungkin karena itu pulalah ibunda tampak awet dan panjang umur hingga sampai 82 tahun,” tuturnya lagi..

 

“Kami berduka dan sangat kehilangan sosok seorang ibu, teman,dan panutan. Tapi kami ikhlas karena semua kita akan kembali kepadaNya dan kami putra / i beliau rasanya telah melakukan yang terbaik untuk beliau semasa hidupnya,tak terlukiskan dalam kata-kata begitu banyak kesan, dan pesan. yang telah beliau sampaikan dan tuahkan kepada kami,” kata Dr Misharti.

 

“Apa yang ibunda almarhumah Dr. hj.Maimanah Umar telah berikan akan menjadi panutan bagi saya dan sekolah Yayasan Masmur yang di dirikan oleh Almarhum,Ayahanda dan Almarhumah, ibunda.menjadi tanggung  awab kami sebagai anak beliau untuk mengembangkannya. Semoga di mudahkan dan diberi kemampuan untuk melakukannya,”kilah DR.Misharti,yang kini duduk anggota DPD RI Dapil Riau.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *