GAMKI Malra Imbau Masyarakat Akhiri Polemik Terkait Jalan Trans Kei Besar

  • Whatsapp

Oleh Jecko Poetnaroeboen

LANGGUR, AMUNISINEWS.CO.ID – Ketua DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Malra resmi Menghimbau kepada masyarakat Maluku Tenggara untuk mengakhiri Polimik pro dan kontra terkait pembangunan Jalan Trans pulau Kei Besar.

Berangkat dari pernyataan pemerintah daerah kabupaten Maluku Tenggara terkait pembangunan Jalan Trans pulau Kei Besar melalui Media bahwa dipastikan proyek tersebut akan dilaksanakan tahun 2020.

Hal ini dikatakan oleh Ketua DPC GAMKI malra, Luther Rahayaan, S. AP kepada media Amunisinews, Selasa (3/3/2020).

Luther Rahayaan, S. AP mengatakan, bahwa kami Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesian (GAMKI) Malra pada Prinsipnya sangat Mendukung penuh Program Pemerintah Pusat lewat Program RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional).

Menurut Ketua GAMKI Maluku Tenggara, bahwa Kami sebagai OKP juga mempunyai Tugas dan tanggung jawab penuh untuk Mengawal Pemerintahan, dan sekaligus berkewajiban untuk menyikapi keresahan masyarakat. sehingga terkait dengan pelaksanaan Jalan Trans Kei besar, bukan soal Pasti atau tidak Pasti proyek tersebut dilaksanakan tahun 2020. Tetapi perlu ada kajian yang konstruktif,” Ungkap Rahayaan.

Luther Rahayaan menjelaskan, bahwa terkait pembangunan jalan trans pulau kei besar yang dianggap oleh sebagian masyarakat hanya isapan jempol ( pinjam kata di media ).
Itu tidak berdasar karena proyek tersebut sudah dituangkan dalam regulasi melalui PerPres no. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020 – 2024. Sebagai proyek prioritas strategis nasional.

Untuk itu, pulau “Nuhu Yut” termasuk 18 pulau kecil tertinggal, terluar dan terdepan yg telah mendapat perhatian pemerintah pusat, maka masyarakat perlu bersyukur dan mendukung Pembagunan proyek tersebut sebagai konsekwensi dari diterbitkan PerPres 33 Tahun 2015 tentang rencana tata ruang kawasan perbatasan negara dan juga amanah KepPres 06 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau – pulau Kecil Terluar.

Selain itu, sejalan dengan komitmen pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI, Bpk Ir. Joko Widodo dan Prof. K.H. Maaruf Amin, yakni membangun Indonesia dari pinggiran. kami Gamki mengharapkan Masyarakat tetap bersabar, karena perdebatan panjang dan perbedaan opini yang semakin ramai di media sosial terkait jadi atau tidak jadi pembangunan jalan trans kei besar tahun 2020 hal itu bukan bagian dari solusi.

Lebih lanjut, GAMKI berpendapat, bahwa bukan soal dimulai tahun 2020 atau tahun 2021, namun yang pasti pada gilirannya proyek ini akan menjawab akses transportasi darat dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pulau kei besar yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah yang kita cintai ini.

Oleh sebab itu, APBN Tahun 2020 telah disahkan pada bulan Oktober Tahun 2019 sesuai siklus anggaran sedangkan RPJMN 2020 – 2024 baru ditetapkan akhir bulan januari Tahun 2020. Namun pemerintah pusat bisa melakukan pemutahiran terhadap RKP Tahun 2020, dimana realisasi proyek tersebut juga perlu pertimbangan dari beberapa aspek antara lain : kesiapan pelaksanaan meliputi, Survey terpadu, penyusunan DED, pembebasan lahan, dokumen amdal, Sumber pendanaan, APBN, APBD, BUMN dan BUMD atau Swasta serta Keputusan sidang kabinet.

Sidang Kabinet juga dapat dipengaruhi, kondisi dan potensi wilayah, resesi ekonomi dunia yg terus melambat, fiskal dan inflasi, akibat bencana yg tidak dapat diprediksi ( alam maupun sosial ) Perlu terus dikawal karena terdapat 514 kabupaten / kota di Indonesia yang merebut proyek prioritas strategis nasional.

“Hal Ini Bukan Persoalan Jadi dan tidak jadi tahun 2020, tapi ini perlu pengawalan dari semua elemen karena terdapat 514 Kota dan Kabupaten di Indonesia yang merebut proyek prioritas strategis nasional, Jadi kita harus jujur terhadap masyarakat, Puji Tuhan Kami DPC GAMKI Maluku Tenggara akan mengawal Jalan trans pulau Kei Besar melalui jaringan DPP dan senyor GAMKI di Pusat dimana, Ketua Umum DPP GAMKI, Bung “ Welem Wandik ” juga sebagai sala satu Legislator di DPR RI, dan juga fungsionaris DPP GAMKI , Billy Rambrewas, yang menjabat sebagai staf khusus Presiden” ujar ketua DPC GAMKI Malra

“GAMKI Malra Mengucapkan Selamat datang kepada Bapak Wakil Menteri PUPR yang akan Tibah di Nuhu Evav Hari Kamis ini, kiranya dengan kehadiran Bapak Wamen, kirahnya dapat menjawab semua keresahan yang ada dan semua harapan besar kita dapat terjawab,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *