Gelaran Sosialisasi 4 Pilar Peringati Harlah Pancasila

  • Whatsapp
Hj Endang Maria Astuti

Oleh : Budi Setiawan

WONOGIRI, AMUNISINEWS.CO.ID – Dengan  peringati hari lahir  Pancasila  1   Juni 2018 tentunya, menjadi momentum sejarah bangsa Indonesia.yang setiap tahunya menjadi perayan besar memperingati tonggak sejarah bangsa.

“Tetapi dengan, memperingati hari lahir pancasila ini bukan saja sebagai Seremonial, tetapi harus benar-benar kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan kita hayati.
Betapa pentingnya makna yang besar terkandung dari pancasila tersebut. Mesti nya bisa untuk refleksi  bangsa  ke depan,”tandas Hj Endang Maria Astuti di hadapan para peserta yang mengikuti Soialisasi 4Pilar.

Tentunya yang menjadi terpenting kita betul-betul menghayati dan mengamalan yang termaktub dari pancasila tersebut yang terdiri atas 5 Sila.

Ke-Satu: Ketuhanan Yang Maha Esa, keDua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, ke-Tiga: Persatuan Indonesi, ke-Empat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan, ke-Lima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Lebih lanjut ditegaskan, karena saat ini pancasila oleh pejabat dalam segala strata tingkatannya terindikasi sudah mulai memudar dalam mengimplementasikan sila ke-2 (Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab) dalam  pancasila. Dalam reformasi yang ke 20 sekaligus membangkitkan kita bahwa, pancasila meski di kembalilkan keberadaanya. dan di Jadikan acuan dalam setiap   pembuatan kebijakan. Itu usul dari peserta yang di rangkum dalam acara  sosialisasi 4 pilar MPR.

Anggota DPR/ MPR RI HJ Endang Maria Astuti, SH,.MH menggelar acara Sosialisasi empat pilar pada hari Jumat,1/06/’18 bertepat di Aula Alami Sayang yang berada di Kab.Wonogiri dan sekaligus memperingati hari lahir (Harlah) nya Pancasila 1 Juni 2018 acara dihadiri oleh kalangan ormas se Kab.Wonogiri dan dihadiri lintas agama acara sangat antutias disambut para peserta yang hadir kurang lebih 150 orang memadati ruangan acara.

“Karena pentingnya kita untuk mensosialisasikan 4 Pilar dalam kehidupan kita sehari hari dan terus di implementasikan dari segenap masyarakat.sebagai kokohnya pondasi yang kuat bangsa yang terdiri dari Pancasila,bhineka tunggal ika,undang-undang dasar 1945,NKRI ini tentunya perlu kita tanamkan,” tegasnya.

Empat pilar ini penting untuk kita tanamkan juga kepada para generasi muda anak bangsa. yang mempunyai masa depan sebagai anak bangsa yang masih menggenggam di dunia pendidikan terutama bagi para pelajar dan mahasisawa.

Dan terbukti hanya dengan mengunggah semangat pancasila di setiap momen yang ada bisa meneguhkan ke Sejatian Pancasila.untuk memperkuat NKRI. Tentunya ini yang akan ditindak lanjuti dengan FGD untuk di tindak lanjuti Program kerja yang terdiri dari lintas ormas dan lintas Agama.mulai dari FKPPI, HWK, LPKUB, KARANG TARUNA, KPPG alhidayah, FKUB dan Perwakilan Pelajar dan Mahasiswa Wonogiri.

 

editor: maliki hd

Pos terkait