Gila! Empat Ruko Dua Lantai Dibangun di Atas Ruang Terbuka Hijau

Oleh Syaipul

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Banyak cara dilakukan untuk kepentingan pribadi. Contohnya, di Jalan Harun Raya, tepatnya di depan rumah No:26. A Kelurahan Sukabumi Utara,  Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat ini, di atas tanah ruang terbuka hijau (RTH) dibangun ruko.

Tidak tanggung-tanggung, pengusaha yang membangun seenaknya empat ruko dua lantai ini diduga mendapat restu dari Satpol PP sehingga diduga pula mengabaikan semua peraturan.

Padahal, ruang terbuka hijau memiliki dua fungsi yaitu, fungsi utama dan fungsi tambahan. Fungsi utama merupakan fungsi ekologis yang menjamin keberlanjutan suatu wilayah kota secara fisik, harus merupakan satu bentuk RTH yang berlokasi, berukuran, dan berbentuk pasti dalam suatu wilayah kota. RTH biasanya menjadi perlindungan sumberdaya penyangga kehidupan manusia dan untuk membangun jejaring habitat hidupan liar.

Beberapa fungsi ekologis RTH di kota adalah antara lain sebagai areal resapan air, menghasilkan oksigen, meredam kebisingan, filter dari partikel padat yang mencemari udara kota, menyerap gas-gas rumah kaca atau hujan asam, penahan angin, mencegah intrusi air laut, ameliorasi iklim serta konservasi air tanah.

Tapi sepertinya pejabat berwenang di wilayah Jakarta Barat yang semestinya menjaga tata ruang sudah melupakan fungsi RTH tersebut. Ada apa?

Tamo, Kepala Kasatpol PP Sudin Jakarta Barat yang dikonfirmasi mengatakan sudah terima refcomtek dari Citata Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat.

Melihat jawaban yang terkesan saling melepas tanggung jawab tersebut sudah seharusnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menurunkan tim untuk menelususi kejelasan soal ruko di atas tanah RTH tersebut.

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *