GP Ansor dan Disporpar Sidoarjo siap Bentuk Wirausahawan Sukses

  • Whatsapp

Oleh : Yudi Nugroho

Pelatihan wirausahaan Disporpar dan GP Ansor

SIDOARJO AMUNISINEWS.CO.ID – Dalam upaya mewujudkan Nawacita ketiga yakni “Membangun Indonesia dari pinggiran” dan mendukung Program Prioritas Nasional Tahun 2018 di bidang Pendidikan dan Penanggulangan Kemiskinan, Program/Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM KUKM pada tahun 2018. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berharap dapat menjangkau wilayah/daerah 3T (Tertinggal, Terbelakang dan Terluar), Pasca bencana, Daerah Ekonomi Khusus dan kawasan Pariwisata didaerah-“”daerah.

Seperti halnya banyaknya kegiatan yang bersifat positif guna mencetak kemandirian seperti yang dilaksanakan PC GP Ansor kabupaten Sidoarj bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Sidoarjo.

Bertujuan mencetak kader-kader yang mumpuni dalam bidang tertentu berupa bentuk wirausaha mandiri.

Sekretaris PC GP Ansor kabupaten Sidoarjo Feri Kuswanto kepada wartawan Kamis (3/5) mengatakan,HUT Ansor yang akan kita laksanakan ini kan kebetulan bekerja sama dengan Fatayat yang sudah dirapatkan di Raker.Pra acaranya kebetulan rangkaiannya banyak.

Salasatunya Pelatihan Kewirausahaan tahun 2018 ini. Jadi teman-teman Ansor ini banyak sekali aktifitas ekonominya berhubungan dengan instansi lain, sehingga waktu siangnya banyak digunakan untuk bekerja. Nah kita mencoba merekrut sahabat-sahabat ansor yang dalam tanda kutip tidak terikat waktunya dengan instansi lain, syukur dari  18 PAC hadir perwakilan dengan total peserta 100 orang,” ujar Feri.

Masih kata Feri,mereka kita bina kita arahkan menjadi wirausaha muda,dengan demikian harapannya nanti secara ekonomi mereka berdaya, tetapi secara waktu bisa banyak berkhidmat untuk Ansor dalam kegiatan Ansor yang tidak semuanya dilaksanakan malam hari.

‘’Kegiatan ini konsentrasi pada pelatihan sablon, dimulai dari sablon kertas, karena menurut nara sumber itu paling mudah dan nantinya dikembangkan sablon-sablon yang lain.

“Semisal  di Tanggulangin itu kan banyak produksi tas, sepatu yang banyak memerlukan sablon kain dan lain-lain,” pungkas Feri’’

Ansor (kami) berharap kepada sahabat-sahabat ansor secara ekonomi kader-kader ansor ini mandiri,karena kemandirian ekonomi ini akan diikuti dengan kemandirian sikap sahabat ansor.

Jika ekonominya mandiri sahabat lebih kuat secara ideologi dan dalam melakukan aktifitas ditengah masyarakat tidak perlu berfikir yang macam-macam.Dan juga tentunya akan  lahir pengusaha muda yang dicetak ala ansor, terang Feri.

Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olah Raga kabupaten Sidoarjo mengharapkan, dengan pelatihan ini guna  menghadapi tahun 2030, agar sahabat-sahabat ansor menjadi warga negara yang secara ekonomi mandiri.Sehingga perlu dikembangkan kemandirian ekonomi melalui wirausaha dan berkaitan dengan UMKM, terang kepala bidang kepemudaan Didik Triwahyudi.

Sementara ketua PAC Ansor Kecamatan Taman Mudhakir kepada wartawan Kamis (3/5) disela kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Tahun 2018 yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Sidoarjo(Disporpar). ” Alhamdulillah dengan adanya pelatihan ini bisa membuka wawasan kewirausahaan,baik pemula maupun yang sudah berjalan.Dari Taman yang ikut serta dalam pelatihan ini ada 8 anggota sahabat Ansor dan dari mereka ada yang dari banser maupun karangtaruna setempat, ” ungkap ketua PAC Taman.

‘’Harapan kami selaku ketua PAC Ansor Kecamatan Taman,peserta yan ikut pelatihan ini diharapkan bisa melakukan usaha mandiri dan bisa mengangkat perekonomian keluarga,maupun wilayah sekitar,pungkas Mudhakir.

 

 

editor: maliki hd

Pos terkait