Hari Ke-10 TMMD, Dansatgas TMMD Tinjau Lokasi Sasaran Fisik/Non Fisik

Oleh, Yan/Tama pratiwi

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.D. – Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-106 Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, SH bersama Pasi Intel Kapten Khoiri dan rombongan tinjau pembangunan sasaran fisik dan non fisik TMMD di desa Kupang, Kec.Jabon, Kab. Sidoarjo (11/10/2019).

Dansatgas TNI TMMD Ke-106 Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, SH dan Pasi Intel Kapten Khoiri dan rombongan  di desa Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo

Kedatangan ini selain melihat langsung progress pembangunan juga merupakan moral support (dukungan moril) bagi anggota Satgas TMMD yang bertugas.

Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, SH selaku Dansatgas TMMD bersyukur, program TMMD tahun ini berjalan dengan lancar dan sesuai target.
“Alhamdulillah, inshaAllah kini kami yakin dan percaya semua teman-teman khususnya  masyarakat dan rekan media siap dukung kegiatan TMMD.
Mengingat kegiatan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. ada tujuh pokok sasaran fisik yaitu pembangunan jembatan, penguatan jalan, pembangunan plengsengan, perluasan sungai dan saluran air, pavingisasi, dan Penerangan Jalan Umum (PJU) di 30 titik”, jelasnya.

Lanjutnya saat ditanya target pencapaian TMMD, Letkol Inf. Iswan tuturkan, “target pencapaian yang sifatnya penguatan jalan dan jembatan diharap selesai 100 persen pada H-2 akhir masa TMMD. Namun untuk target pencapaian sasaran fisik tambahan yaitu pembangunan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan jambanisasi itu Alhamdulillah  sudah hampir selesai”, tambah Letkol Inf. Iswan.

Kusmiyati (40), warga desa Kupang mengaku sangat senang dengan adanya program TMMD terutama dibangunnya saluran air. Ia berharap, “Semoga dengan dibangunnya saluran air ini,  berharap  musim hujan tiba tidak  banjir lagi, sebab tahun 2016 pernah banjir sampai 4 bulan dan tahun 2017  juga banjir 2 bulan”, pungkasnya.

Sementara anggota Satgas TMMD Prada Anang Badrul Kamal katakan, ” kegiatan yang sangat positif, karena TMMD giat terfokus di pembangunan desa. Sebagai prajurit kami ber- motto, TNI itu dari rakyat dan untuk rakyat. Saya bertugas di sektor jembatan. Jembatan ini hubungkan desa Kupang dan desa Semambung”, ucapnya.

“Saya dan 4 anggota Satgas lainnya tidur dirumah warga selama kegiatan TMMD ini. Ya rasanya seperti kembali ke rumah (desa) lagi, karena disini saya bisa membaur bersama masyarakat, saling membantu dan bergotong royong. Semoga nantinya warga bisa menjaga jembatan, tidak mengotori maupun mencoret-coret jembatan”, harap Anang

Program “Lali Gadget” di SD Kupang  Sasaran Non Fisik TMMD

Di era millenial ini, anak-anak termasuk siswa SD Kupang semakin gencar bermain game online di gadget. Kebiasaan bermain game online di gadget akan berdampak buruk apabila tidak ada program yang mengarahkan anak-anak untuk kembali melestarikan permainan tradisional. Hal inilah yang melatarbelakangi Satgas TMMD untuk membuat Program “Lali Gadget”.

Dansatgas TMMD Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi menerangkan, “Program Lali Gadget di SD Kupang ini termasuk salah satu program non-fisik kami selain pelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi kemarin. Dengan adanya program Lali Gadget ini, kami harap anak-anak bisa mengurangi bermain game online di gadget sehingga mereka bisa mengenal dan mencintai permainan tradisional yang sebenarnya banyak sekali manfaatnya”, jelasnya.

“Anak-anak yang sejatinya adalah penerus bangsa ini kami arahkan agar tertarik lagi dengan permainan yang tidak menggunakan gadget. Contohnya seperti permainan patel lele, gobag sodor, bola kelereng, egrang, dan benteng-bentengan. Permainan-permainan tradisional ini kan permainan yang membutuhkan kerjasama. Sehingga nanti terbentuk sejak usia dini, anak-anak bisa memiliki rasa peduli, gotong-royong dan toleransi terhadap sesama. Kalau main gadget kan anak itu sendirian, tapi dengan permainan tradisional anak-anak bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya”, terang Letkol Inf. Iswan yang juga selaku Dandim 0816 Sidoarjo.

 

22 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KORAN AMUNISI

dan AMUNISINEWS.CO.ID

Ide dasar penerbitan Surat Kabar Umum (SKU) Amunisi dan Amunisinews.co.id antara lain membantu pemerintah dalam upaya penegakkan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) No, 68 tahun 1999, yang ditetapkan pada 14 Juli 1999 mengatur bagaimana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara, termasuk membantu penegakan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Amunisi adalah bagian dari masyarakat, yang diharapkan pula dapat berperan aktif. Karena itu, sebagai media cetak, yang akan turut serta dalam penegakkan hukum di Indonesia, Amunisi harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Tentunya, diaflikasikan dalam bangun tubuh (halaman) dengan organ-organ (rubrikasi) yang tepat sasaran, yakni setiap yang disajikan adalah berisi informasi-informasi yang digali melalui kerja keras investigasi dengan pendalaman yang dapat dipertangungjawabkan.