Hindari Korban Sia-sia Laka Lantas, Kapolsek Kota Berikan Edukasi

Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Supiyan beri himbauan puluhan pelajar gunakan motor protolan tidak sesuai spesifikasi saat diamankan di Mapolsek.

 

Oleh Tama/Nugroho

 

SIDOARJO,AMUNISI- Demi keselamatan dan memberikan edukasi bagi para pengendara roda dua (R2)khususnya pelajar jajaran Kepolisian Sektor Kota mengadakan razia dan imbauan, dengan mengamankan puluhan motor protolan atau tidak sesuai spesifikasi.Hal ini terlihat Jumat (19/7) puluhan motor Protolan milik pelajar SMA dan SMK diamankan di Mapolsek

Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Supiyan dikonfirmasi wartawan mengatakan kegiatan tersebut  dilakukan oleh kepolisian sifatnya untuk  memberi edukasi kepada para pelajar supaya mereka sadar, paham yang selanjutnya akan mentaati dan patuh hukum. Khususnya pada aturan berlalu lintas yang benar.

“Kita semua tentunya sepakat, sayang terhadap para pelajar yang mana mereka kaum millenial dan sebagai generasi penerus bangsa jangan sampai mereka menjadi korban sia-sia karena kecelakaan lalu lintas yang diawali karena pelanggaran mereka sendiri,”tegas Supiyan, Jumat (19/7).

Lebih lanjut Supiyan mengatakan terhadap para pelajar yang melanggar aturan lalu lintas tersebut. “Kami berikan edukasi hukum terkait aturan lalu lintas yang benar dan kendaraan bermotor harus sesuai standar kelayakan di jalan,”ujarnya.

Perlu diketahui supaya teringat dan tidak terulang lagi, kami berikan sanksi bukan berupa tilang namun diminta untuk  menyanyikan lagu Indonesia Raya atau lagu wajib nasional serta mengucapkan janji untukk tidak mengulangi lagi melanggar aturan lalu lintas.

Kemudian untuk  sepeda motor yang diamankan di Polsek yang onderdilnya tdk sesuai standard atau sudah dirubah dalam bentuk aslinya juga tidak ditilang, namun sepeda mtor tersebut nanti bisa diambil dengan syarat harus dipasang kembali onderdil yang spesifikasinya sesuai standar pabrikan (SNI), kemudian kepada pelanggar harus membuat surat pernyataan yang isinya sanggup untuk tidak merubah spesifikasi sepeda motor sesuai standard/aturan yang berlaku.

Brian(17)salah satu pemilik sepeda motor protolan dan  tidak sesuai spesifikasi kepada wartawan mengatakan,saya mau berangkat sekolah di STM PGRI 1 mas.Disaat melewati pertigaan Jasem ke arah Bluru,terkejut dan pasrah saat melihat 3 anggota polisi yang menghentikan laju kendaraannya.

“Kapok sayakedepan saya berharap motor saya bisa keluar karena kendaraan saya lengkap namun saat ditangkap roda kecil,serta berboncengan dua tidak menggunakan helm satu dan kedepaan saya tidak akan mengulangi,” kata Brian warga Urang Agung Jedong kec.Sidoarjo Kota,Perumahan Bhayangkara tersebut.

 

45 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terapkan Aturan Sekolah Bebas Sampah, Hindari Tercemar Limbah Sampah Plastik

Sel Jul 23 , 2019
Kepala MTs YPM 1 Wonoayu Islamic Billingual School, Suhardi saat menemui beberapa siswa Oleh Nugroho/Tama SIDOARJO,AMUNISI  – Untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan terbebas dari sampah plastik, Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (MTs YPM) 1 Wonoayu Islamic Billingual School menerapkan aturan sekolah bebas sampah. Aturan ini mulai […]