Hj Arniza Nilawati: Potensi Alam Sumsel Bisa Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata yang Menguntungkan

  • Whatsapp

Oleh Budi Setiawan

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Hj Arniza Nilawati, anggota DPD-RI dapil Sumatera Selatan (Sumsel) mengatakan Sumsel memiliki potensi pariwisata alam yang begitu besar yang tersebar di 17 Kabupaten. Potensi ini perlu dikembangkan jadi destinasi wisata yang maju dan menguntungkan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Sumatra Selatan.

“Saatnya Sumatra Selatan beralih fokus ke pengembangan destinasi wisata alam, karena potensi di sejumlah kabupaten terbilang luar biasa yang dapat diangkat ke kancah nasional hingga internasional, seperti air terjun, gunung, danau, gua, sungai, dan kebun teh yang indah,” kata Hj Arniza Nilawati SE, M.M kepada amunisinews.co.id dan deteksionline.com, Kamis (27/2/2020)..

“Ada beberapa persoalan yang perlu diperbaiki untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata di Sumatra Selatan, yaitu aksesbilitas yang belum memadai. Untuk itu Pemerintah daerah Provinsi Sumatra Selatan,harus terus memperbaiki insfrastruktur pendukung di daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata,” imbuh Hj Hj.Arniza Nilawati.

Setelah  aksesbilitas menjadi mudah, pemerintah daerah juga harus menggencarkan promosi lewat situs-situs wisata untuk memperkenalkan destinasi pariwisata di Sumatra Selatan.

Menurut dia, dalam mengembangkan potensi wisata alam di Sumatra Selatan perlu dilakukan kajian dan perencanaan yang mendalam agar terhindar dari bencana alam, karena Sumatra Selatan termasuk daerah yang rawan bencana.

“Kepala daerah memiliki peran yang sangat besar dalam memajukan  potensi pariwisata. Selain memiliki kapabilitas ledership, seorang Kepala Daerah juga harus mampu membangun link terhadap para investor, baik  investor lokal, nasional, dan investor global, agar potensi pariwisata di Sumatra Selatan maju dan bisa mendatangkan incame yang besar,”ujar wanita vokal ini  dalam menyuarkan kepentingan masyarakat Sumsel.

“Untuk mengembangkan dan memajukan potensi pariwisata harus bisa membangun kemitraan dengan para investor baik lokal, nasional, maupun internasional. Saya berhatap banyak investor yang mau berinvestasi kususnya di sektor pariwisata di Sumatra Selatan,” harapnya.

Saat disinggung sumber daya manusia di Sumatra Selatan sudah sangat baik. Terutama sumber daya manusia di sektor pariwisata,  dia menyatakan,” Ini perlu dimanfaatkan untuk mendukung kemajuan pariwisata di Sumatra Selatan,” kata Arniza Nilawati.

Dia juga berharap pemerintah daerah, bisa  bersinergi dengan pemerintah pusat dan tentu dengan para investor, untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi pariwisata yang begitu besar di Sumatera Selatan.

“Dan jangan lupa dalam mengembangkan dan  memajukan pariwisata di Sumatra Selatan, pemerintah daerah mesti melibatkan masyarakat terutama para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil  Mengah). Bila hal ini terjadi maka kemajuan pariwisata akan membawa berkah dan kesejahteraan bagi semua masyarakat Sumatra Selatan,” pungkasnya.

 

Pos terkait