Intip Marka Lalu Lintas Baru di Tulungagung, Mirip Garis Start MotoGP

  • Whatsapp

Oleh, Tim

TULUNG AGUNG, AMUNISINEWS.CO.ID.Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, mulai dari penerapan gaya hidup sehat hingga ke hal-hal teknis lainnya.

Penerapan jaga jarak fisik diberlakukan di berbagai tempat publik, mulai dari pasar, kantor-kantor pelayanan publik, hingga jalan raya. Kawasan lampu lalu lintas di Tulungagung menerapkan uji coba markah ruang khusus yang disebut-sebut mirip dengan garis start MotoGP.

Penerapan markah ruang khusus itu ditujukan untuk mengatur jarak antara pengendara satu dengan pengendara lainnya, seperti dilansir laman.

Di masa percobaan ini, markah ruang khusus baru diberlakukan di beberapa titik, yakni perempatan Kemuning, perempatan BTA, perempatan Gorga, dan pertigaan depan Kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Menurut keterangan Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tulungagung Iptu Neni Endah Suratmi, masa uji coba markah ruang khusus di empat titik itu akan dievaluasi sebelum diberlakukan di lebih banyak titik di wilayah setempat.

Pada Sabtu (18/7), Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tulungagung mengecek langsung penerapan markah ruang khusus itu. Pembuatan markah ruang khusus ditujukan untuk mengedukasi masyarakat dalam penerapan jaga jarak fisik di jalan raya.

Satlantas bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Tulungagung melakukan pemantauan di titik-titik uji coba markah ruang khusus. Hasil pemantauan itu akan digunakan sebagai ukuran efektivitas keberhasilan.

“Belum ada pembahasan soal sanksi bagi yang melanggar markah ruang khusus ini, sebab masih tahap uji coba,” ungkap Neni.

Guna mengantisipasi penyalahgunaan markah ruang khusus misalnya untuk balap liar, Polres mengadakan patroli dan menerjunkan petugas jaga.

“Tak hanya upaya untuk memutus mata rantai Covid-19, markah ruang khusus ini juga bisa mengurai kemacetan dan membantu kamseltibcarlantas,” lanjutnya.

Jika uji coba itu efektif, markah ruang khusus direncanakan diterapkan di seluruh lampu lalu lintas di Tulungagung.

Terpisah, Kapolres Tulungagung Candra Saktiawan menambahkan, tujuan penerapan markah ruang khusus bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

“Hari ini masih berlanjut, nantinya semua persimpangan dicat. Itu forum lalu lintas angkutan jalan Kabupaten Tulungagung terdiri dari Kepolisian (Satlantas), Dishub, PU Binamarga membuat markah itu bertujuan untuk memutus rantai peredaran virus corona bagi pengendara,” terangnya

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *