Jadi Kebanggaan, Letkol (Sus) Revilla Oulina M. PD, M.Si Wanita Pertama di Unamid PBB

  • Whatsapp

Oleh Syafrigon

JAKARTA, Deteksionline.com: Revilla Oullina adalah seorang perempuan Minangkabau asal Pariaman yang menjafi Komandan PBB di Afrika. Pangkatnya, Letnan Kolonel (sus) denggan gelar akademis M.PD, M.Si, Revilla Oulina  membanggakan kampung halamannya.

Sebagai Prajurit Wanita TNI Angkatan Udara (wara)dia menjadi bagian dari tim Unamid (United Nation African Union Misdion), dan di angkat sebagai Chief U 9 Unamid.

Perlu dicatat dia adalah perempuan pertama di dunia yang mendapat Jabatan itu dari PBB. Laporan ini perna di rillis patriot.id 2018 silam. Ci Uniang Revila merupakan satu dari sembilan perempuan Indonesia yang kini bertugas di tempat yang sama.lainya,berasal dari polisi.

Selama bertugas di Sundan semenjak Juni 2017 lalu,tepatnya di kota Elfasher banyak program yang sudah dilakukan,di antaranya renovasi Klinik,renovasi Masjid dan layanan social serta fisik lainya. “Semua sudah kami lakukan,” tegas Revila yang pernah di menwa (resimen mahasiswa) maharuyung asal FKIP Unibersitas Bung Hatta tahun 1990.

Dalam missi PBB ini ada 9 Chief,yaitu chief U1 sampai chief U9.dia bertugas di chief U9 yang bergerak langsung ke tengah masyarakat di sana.

“Jabatan yang saya emban sebagai Chief Military coordination pada Unamid di Darpur Sundan,yang mana Jabatang U 9 adalah Jabatan di tingkat pusat,kalau di ringkat sektor namanya J 9,” tambah Revila .

Zulfi tanjung

Sepanjang sejarah militer Indonesia ataupun dunia,belum perna ada wanita menepati jabatan tersebut,karenanya,Letkol Sus Revilla Oulina sangat bersyukur telah menjadi wanita pertama yang menempati jabatan itu.

“Saya bersyukur dan terharu sekali untuk jabatan itu ternyata belum ada perna wanita yang menjabatnya,sayalah wanita militer pertama di Indonesia bahkan dunia yang mengemban jabatan tersebut,” ungkap Revilla.

Dia merupakan Alumni Perwira karier PAPK V Tahun 1998.Revilla wanita kelahiran Kampung Dalam,Kabupaten Padang Pariaman,46 Tahun lalu.

Zulfi Tanjung,  Tokoh Masyarakat Minang juga Ketua DPD IKM Jakarta Pusat mengatakan merupakan suatu penghargaan Internasional sesuai dengan keahlianya,memang pencapaian luar biasa Urang Pariaman khususnya dan Urang minang pada umumnya cukup membanggakan,” Semoga tambah sukses dalam karirnya,” katanya,

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *