Jalin Sinergitas TNI, Masyarakat dan Pemerintah Melalui TNI Manunggal Membangun Desa

  • Whatsapp

IMG-20170928-WA0016

NGAMBUR, AMUNISINEWS.COM – Upacara kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) digelar di Pekon Ulokmukti Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Masyarakat setempat nampak antusias hadir di lapangan pekon setempat untuk menyaksikan hikmatnya kelangsungan Upacara tersebut.

Sajian budaya arak-arakan rebana dan lainnya iringi kelangsungan suksesnya upacara TMMD ke-100 Komando Distrik Militer (Kodim) 0422 Lampung Barat (Lambar) di Pesisir Barat, Rabu (27/9/2017).

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Bupati Pesibar, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H., yang berpakaian lengkap TNI. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 043 /Garuda Hitam (Gatam), Kolonel. Inf. Hadi Basuki, S.Sos., M.M., Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Lampung, Kombes. Donyar Kusumadji, S.IK., Dandim O422/Lambar, Letkol. Inf. Iskandar, S.H., M.Han., Kajari Liwa, Alex Rahman, S.H., M.H., Kacabjari Krui, Sulisyadi. Selain itu, Ketua DPRD Pesibar, Piddinuri, pejabat administrator, pengawas, dan pelaksana di lingkungan Pemkab Pesisir Barat.

Dalam sambutannya Bupati Agus Istiqlal menyampaikan, tujuan kegiatan yang bertema “Percepatan pembangunan, meningkatkan kemandirian pangan, dan kesejahteraan masyarakat” yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan kesadaran bermasyarakat dalam berbangsa, bernegara dan menegakkan disiplin nasional.

“Untuk tujuan khusus dari kegiatan TMMD ke-100 ini adalah mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur pekon dan kemandirian pangan, serta kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dilanjutkannya, cara untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan membangun berbagai sarana prasarana publik yang pada kondisinya sangat diperlukan masyarakat, yang dilaksanakan antara pemkab setempat, TNI, dan masyarakat.

“Dengan demikian bisa terjalin kekompakan antara prajurit TNI, warga setempat, dan Pemkab Pesibar. Baik itu dalam sektor pembangunan fisik maupun nonfisik,” kata Agus.

Masih kata Agus, program TMMD di maksud dijadwal kan akan dilaksana kan di Pekon Ulokmukti dan Pekon Bumiratu Kecamatan setempat di proyeksikan di helat selama satu bulan yakni sejak 27 September hingga 26 Oktober mendatang akan di laksana kan dengan over prestasi.

“Karena dari beberapa kegiatan nanti yang akan dilaksanakan secara bergotong royong bersama masyarakat bakal melebihi target awalnya,” sambungnya.

Berikut beberapa item kegiatan yang masuk dalam program TMMD kali ini, untuk kegiatan fisik dengan anggaran Rp800 juta yang meliputi pekerjaan pembuatan atau pelebaran jalan dengan volume lebar 10 meter dan panjang 1,6 kilo meter, pembuatan jembatan satu unit. Kemudian, pembuatan gorong-gorong dua unit, pembuatan pos kamling tiga unit dan rehab mushola satu unit.

“Sedangkan untuk kegiatan non fisik dengan nilai anggaran Rp200 juta yang meliputi kegiatan penyuluhan kesadaran bela negara, penyuluhan narkoba dan kamtibmas, penyuluhan kesehatan, pelayan KB gratis serta penyuluhan perkebunan, pertanian dan penyuluhan agama,” tutup Agus.

Sementara, Danrem 043 /Gatam Kolonel. Inf. Hadi Basuki kepada AMUNISINEWS.COM menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi atas dukungan yang telah diberikan baik pihak eksekutif maupun legislatif kabupaten paling ujungnya Lampung itu.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Pemkab Pesibar dan DPRD Pesibar hingga terlaksananya program TMMD ke 100 ini dengan sukses,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa dalam pelaksanaannya, pihaknya memastikan untuk lebih memprioritaskan kualitas bangunan fisik ketimbang masa penyelesaiannya. Sehingga azas manfaatnya akan lebih maksimal bagi masyarakat.

“Saya tidak mau kalau ke depannya hasil pembangunan ini belum saja genap satu tahun sudah hancur. Karenanya saya sudah memerintahkan anggota saya untuk lebih mengutamakan kualitas,” pungkasnya. (son)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *