Jaringan Pipa IPAL Rusunawa Pangkalpinang Diduga Bocor

  • Whatsapp
ipal-nasional
Pipa IPAL didapati banyak yang bocor

AMUNISINEWS.COM, PANGKALPINANG,—Jaringan pipa untuk limbah rumah tangga yang dibangun di kawasan komplek Rusunawa Pangkal Arang Pangkalpinang didapati banyak yang bocor. Temuan itu terpantau setelah beberapa media melakukan investigasi pada Selasa sore (19/9/2016) kelokasi komplek Rusunawa Pangkalpinang yang dibangun pada Tahun Anggaran 2013 yang lalu dengan menggunakan dana APBN mencapai Milyaran rupiah.

Proyek kegiatan pembangunan sistem instalasi pengolahan air limbah (IPAL)  tersebut dibangun oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum Perkim untuk kepentingan pembuangan limbah rumah tangga para penghuni rusunawa.

Namun sangat disayangkan, sewaktu IPAL itu digunakan penghuni Rusunawa, kondisi pipa pipa IPAL itu sudah banyak ditemukan pecah pecah, sehingga penghuni Rusunawa merasa resah karena bau yang ditimbulkan dari pipa yang pecah itu menimbul bau yang tidak sedap. Karena limbah penghuni rumah tangga tersebut tidak mengalir ke lubang pembuangan melainkan mengalir ke fisik bangunan Rusunawa itu.

Salah satu warga penghuni Rusunawa yang berhasil dikonfirmasi amunisinews.com mengatakan, yang banyak bocor adalah pipa blok B sambil menunjukkan pipa pipa yang bocor.

“Silahkan saksikan sendiri ke tempat penampungan limbah di samping gedung blok B Rusunawa itu, lihat sendiri banyak yang bocor pipanya”, terang penghuni itu sambil meminta namanya dirahasiakan.

Kondisi tersebut jelas dikhawatirkan sebagian besar warga yang menetap di lingkungan setempat termasuk para penghuni Rusunawa Pangkal Arang.

“Jelas nanti hal ini akan berdampak negatif terhadap pencemaran lingkungan sekitar sini. Apalagi ini limbah cair rumah tangga,” kata warga tadi..(doni)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *