Kab.Tolitoli Dimulai PPSA Puskesmas oleh Kemenkes RI

Oleh, Tim/Kasryan.A.Juni.

TOLITOLI, AMUNISINEWS.CO.ID.- Kesehatan merupakan salasatu pilar pembangunan Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan Indonesia yang tangguh, kuat dan cerdas serta mampu bersaing dengan bangsa lain.

Guna  mendorong dan wujudkan Indonesia sehat, Pemda Kab. Tolitoli Prov.Sulawesi tengah, telah melakukan banyak upaya, diantaranya penyediaan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan peningkatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).
Hal tersebut tertuang dalam sebagian isi sambutan tertulis Bupati Tolitoli yang dibacakan Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si pada acara peresmian tanda dimulainya Pelaksanaan Penilaian Survey Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Tolitoli tahun 2019 oleh Tim Surveyor Kementerian Kesehatan RI yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Rabu siang (6/11).

Di bagian lain sambutannya Bupati mengatakan, Puskesmas merupakan salasatu sarana pendukung dalam meningkatkan derajat kesehatan di tengah masyarakat yang tersebar di Sepuluh Wilayah Kecamatan yang ada di Tolitoli.

Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independent penyelenggara akreditasi yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Lanjut Bupati, Pemda siap berkomitmen untuk melaksanakan dan memenuhi syarat yang wajib dipenuhi untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan tim surveyor nantinya.

Diharapkan upaya yang telah dilakukan tim surveyor dapat memberikan pembinaan dan arahan untuk Puskesmas yang akan menjalani proses survey akreditasi dan Puskesmas yang ada di Kab. Tolitoli dapat terakreditasi seluruhnya, harap Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Drs. Bakri Idrus. A.pt.,MM pada kesempatan itu mengungkapkan, Puskesmas yang akan dilakukan penilaian akreditasi tahun 2019 ini ada Tiga yakni Puskesmas Ogodeide Kec. Ogodeide, Puskesmas Kombo Kec. Dampal Selatan dan Puskesmas Binontoan Kec. Tolitoli Utara.

Penilaian dilakukan mulai tanggal 6 – 10 November 2019. “karena tim surveyor dari Kementerian Kesehatan sebanyak Sembilan orang, sehingga dibagi menjadi Tiga kelompok yang tiap kelompoknya terdiri dari Tiga orang surveyor bersama sejumlah pendamping dari Dinas Kesehatan akan meninjau ke Puskesmas masing-masing desa, terangnya”.

Kepala Dinas Kesehatan Drs. Bakri Idrus. A.pt.,MM berharap dalam akreditasi kali ini Tiga Puskesmas yang akan diakreditasi walaupun dengan segala keterbatasan dapat meraih status Akreditasi Madya.

Disampaikan pula bahwa tahun depan ditargetkan ada Dua sarana kesehatan di Kabupaten Tolitoli lagi yang akan diakreditasi yakni Puskesmas Salumbia dan Rumah Sakit Pratama Siti Zubaedah Bantilan di Kecamatan Dondo.

46 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KORAN AMUNISI

dan AMUNISINEWS.CO.ID

Ide dasar penerbitan Surat Kabar Umum (SKU) Amunisi dan Amunisinews.co.id antara lain membantu pemerintah dalam upaya penegakkan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) No, 68 tahun 1999, yang ditetapkan pada 14 Juli 1999 mengatur bagaimana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara, termasuk membantu penegakan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Amunisi adalah bagian dari masyarakat, yang diharapkan pula dapat berperan aktif. Karena itu, sebagai media cetak, yang akan turut serta dalam penegakkan hukum di Indonesia, Amunisi harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Tentunya, diaflikasikan dalam bangun tubuh (halaman) dengan organ-organ (rubrikasi) yang tepat sasaran, yakni setiap yang disajikan adalah berisi informasi-informasi yang digali melalui kerja keras investigasi dengan pendalaman yang dapat dipertangungjawabkan.