Kapolri Pimpin Sertijab Kapolda Sulsel

oleh Ulis JP

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sumatera Selatan, dari Irjen Pol Zulkarnain ke Irjen Pol Firli. Sertijab ini dilaksanakan di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (25/6).

Firli sebelumnya bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Deputi Penindakan. Sementara Zulkarnain nantinya akan menjabat Kakorpolairud Baharkam Polri.

Dalam Sertijab, Tito menanyakan kesiapan Firli mengemban tugas barunya sebagai Kapolda Sumatera Selatan. “Saudara pejabat baru akan diambil sumpah jabatan. Bersiapkah Saudara bersumpah atas agama Islam?” tanya Tito.

Setelah itu, Tito membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Firli.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku pejabat polisi negara Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” ucap Firli mengikuti sumpah yang dibacakan Tito.

Selain itu, Firli juga mengucap janji untuk setia pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI, menaati peraturan perundang-undangan, memegang rahasia, hingga berjanji tidak melakukan korupsi.

“Tidak melakukan korupsi, kolusi, nepotisme dan gratifikasi, berupa apa saja dari atau kepada siapapun juga,” ucap Firli meniru sumpah jabatan yang dibacakan Tito.

Dalam sertijab ini Kapolri juga mengapresiasi kepada kedua perwira tinggi tersebut atas kinerja dalam jabatan lamanya. Ia berharap keduanya dapat mengemban tugas barunya dengan sebaik-baiknya.

“Pada Pak Irjen Firli selamat datang kembali ke kampung halaman. Ini juga saya berikan apresiasi yang tinggi atas pengabdian yang cukup lama di lingkungan KPK sebagai Deputi Penindakan,” kata Tito.

Sertijab kali ini juga turut dihadiri oleh sejumlah petinggi Polri, seperti Wakapolri Komjen Pol Ari Dono, Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri serta sejumlah pejabat utama Polri lainnya.

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *