Kapolsek Jenu Tuban Jatim Sambut Hangat ASSA
Oleh Rukmana

TUBAN,AMUNISINEWSCO.ID-Asosiasi Sepeda Sport Al – Zaytun (ASSA) realisasikan inpres No: 7 th 2017 pasal 1 huruf a tentang gerakan masyarakat sehat.

 Menurut I Nyoman Winata, Kabid Olahraga Kemenpora RI, apa yang diakukan Pesantren Al – Zaytun (touring sepeda sehat) dari Anyer Ke Panarukan merupakan kegiatan yang seiring dengan program pemerintah yaitu inpres nomor 7 th 2017.

Touring sepeda sehat keliling Jawa II yang dimulai Rabu  29/11/17 dari Anyer ke Panarukan sejauh 2.648 KM yang dilakukan Asosiasi Sepeda Sehat Al-Zaytun (ASSA) ini bertujuan mensosialisasikan Lagu Indonesia Raya tiga stanza dan Motto Petani Kaya Negara Jaya.

Menurut Komandan jelajah ASSA, DR. AS Panji Gumilang, Touring Sepeda Sehat ASSA diikuti oleh 400 peserta dan 397 orang yang ikut bersepeda serta 3 orang yang juga bersepeda namun  sesekakali naik mobil dikarenakan mengalami gangguan kesehatan.

Yang menarik dari touring ini adalah pesertanya tidak hanya anak muda, peserta paling tua yaitu Marzuki 72 th 8 bulan dan Syaykh sendiri berusia 72 th, ada juga peserta termuda 12 th santri MTs di Pesantren Al -zaytun, Indramayu Jawa Barat.

Touring sepeda sehat dengan peserta terbanyak ini mendapat simpatik dari masyarakat yang dilalui oleh ASSA. Teriakan ASSA hebat, semangat oleh masyarakat Cirebon, Batang, Semarang, Rembang,Tuban dan Gresik mampu membakar semangat  Para Pegoes yang terkadang diguyur hujan seperti pada track Cirebon Batang serta terbakar terik matahari seperti pada track Semarang Rembang.

Sambutan hangat dari pejabat setmpat seperti Kapten Infantri Ridwan Kasiter Kodim Cirebon, Bupati Batang, H. Wihaji S.Ag.Mpd, Wakil Bupati Batang Suyono dan Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykuri yang merupakan adik kelas Syaykh Al-Zaytun saat mondok di Gontor.

sedangkan di Semarang, ASSA disambut hangat oleh Kabid Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Dinas Olahraga Kota Semarang Drs. Sri Haryanto.

“Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan pesantren Al – zaytun, saya berharap pemerintah Kabupaten Semarang membuat jalur khusus sepeda untuk mendukung pemerintah didalam mengkampanyekan kota bebas polusi.

Saya juga berharap ASSA mau kembali kesini (Semarang red…) dan beritahu saya 3 bulan sebelumnya sehingga saya bisa siapkan segala sesuatunya,” terangnya dihadapan 400 orang peserta ASSA pada Jum’at (1/12/17) di Hotel Semarang.

Tak hanya di Cirebon dan Batang serta Semarang ASSA disambut meriah, di Tuban, ASSA disambut oleh Kapolsek Jenu AKP Elis Suendayati yang dalam sambutannya begitu berapi – api.

“Saya kaget, kagum dengan soaok Syaykh Panji Gumilag yang bisa mengkoordinir orang sebanyak ini, ini pasti bukan orang biasa, bahkan saya terinspirasi, mulai saat ini Senin (4/12/17) saya akan bersepeda setiap pagi,  saya kesini jam 3 pagi tadi menaiki sepeda, dan ini baru pertamakali saya lakukan,” ungkap Elis gembira.

Saat ini Senin (4/12/17) ASSA sudah tiba di Gresik, kesuksesan ASSA mencapai ETAPE ke V ini tak lepas dari peran Syaykh AS, Panji Gumilang yang pada setiap arahan pagi menjelang berangkat selalu menekankan disiplin di jalan, disiplin makan dan disiplin minum.

Syaykh melarang makan makanan di hotel atau rumah makan, minum minuman yang mempunyai rasa saat sedang beristirahat setelah bersepeda, makan dan minumlah dari apa yang dimasak sendiri oleh tim masak Al-zaytun.

Selain itu, peran mekanik sepeda yang diketuai Masdar sangat – sangat membantu berjalannya touring ASSA, sebab banyak dari sepeda peserta yang bermasalah dalam perjalanan, atas kesigapan tim mekanik inilah para pegoes tetap bisamengikuti tour tersebut.

Peran tenaga medispun memberikan kontribusi yang sangat luarbiasa, banyak peserta yang mengalami luka akibat jatuh saat bersepeda dan mengalami masalah kesehatan akibat kecapean.

Nah management seperti itulah yang membuat kagum Kapolsek Jenu AKP Elis, dan masyarakat yang menyaksikan Tour sepeda sehatJawa II Th 2017.

News Reporter

1 thought on “Kapolsek Jenu Tuban Jatim Sambut Hangat ASSA

  1. Alhamdulillah trksh kpd seluruh masyarakat yg sdh menyambut kedatangan team assa dan.jg kpd seluruh pejabat baik pemerintah daerah maupun pejabat kepolisian juga kodim berkat dukungan bpk/ibu.yth ini maka insya Alloh perjuangan team assa tour jawa 2 ini sukses sampai tujuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *