Karang Taruna “Bersinar” Desa Rura Aek Sopang Terbentuk

  • Whatsapp

oleh Polim/Ridwan

RURA AEK SOPANG, AMUNISINEWS.CO.ID-Bertempat di Kantor Kepala Desa (Kepdes) Rura Aek Sopang Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara (Provsu), dilantik kepengurusan Karang Taruna “Bersinar” Kamis, (27/2).

Karang Taruna “Bersinar” terbentuk berdasarkan hasil keputusan Musyawarah Desa dan disahkan dengan Keputusan Kepdes. Rura Aek Sopang dengan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pengesahan Organisasi dan Kepengurusan serta Anggota Karang Taruna Desa Rura Aek Sopang “Bersinar” Masa Bhakti 2020-2023, tanggal 27 Januari 2020.
“Kelompok Tani “Bersinar” harus mampu menunjukkan eksistensinya dengan menunjukkan karya nyata yang dimulai dari hal-hal kecil tetapi bermanfaat bagi desa Rura Aek Sopang seperti bergorong-royong, menjaga keamanan lingkungannya, dusunnya dan desanya. Untuk itu diperlukan kemauan dan kemampuan merubah karakter ke arah yang konstruktif dan visioner. Bersikap peduli dan cepat tanggap terhadap masalah kepemudaan dan masalah sosial termasuk di dalamnya masalah sanitasi lingkungan sosial,” ujar Pj. Kepdes Rura Aek Sopang Sumurung Rajagukguk,SH., menyampaikan keterangan dan harapannya kepada wartawan.
Senada dengan hal tersebut, Arianto Manalu, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) juga menyampaikan harapannya bahwa dengan terbentuknya Kelompok Tani “Bersinar” ini diharapkan kedepannya dapat memberikan kontribusi kedesa Rura Aek Sopang sehingga desa semakin cepat berkembang serta dengan adanya keterbukaan di Desa Rura Aek Sopang.
Pj.Kades. Rura Aek Sopang menyampaikan pandangannya dan rasa optimis akan ada perbaikan jika pengurus Kelompok Tani benar-benar berjiwa membangun dan mau berjuang untuk membuat karya nyata dan bukannya hanya sebatas karya kata.
“Lebih baik kalah dalam berteori tetapi menang dalam berkarya nyata,” demikian ditegaskan Sumurung Penjabat Kades.
“Untuk membantu operasional, pengurus Kelompok Tani “Bersinar”, diberikan izin guna memakai Kantor Kepala Desa sebagai Sekretariat Kelompok Tani. Hal itu dilaksanakan demi kelancaran surat menyurat dan pelaksanaan rapat-rapat menunggu ada kantor tersendiri nantinya,” ujar Sumurung.
Adapun Susunan Pengurus Karang Taruna Desa Rura Aek Sopang “Bersinar” Masa Bhakti 2020-1022 sebagai berikut : I.Pembina terdiri dari : Pembina Utama, Kepala Desa Rura Aek Sopang: Sumurung Rajagukguk,SH.,Pembina Fungsional:Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan dan Pelayanan : Niki Kusuma Sihotang, Pembina Teknis, Kasi Pemerintahan: Panagaman Hasugian, II. Majelis Pertimbangan (MP), yang terdiri dari : Ketua MP: Pardamean Sihotang; 2.Sekretaris: Kasber Tinambunan, 3. Wakil. Sekretaris: Hisar Situmorang, 4. Anggota: 1. Ali Imran Sihotang; 2.Disman Simatupang; III. Ketua Karang Taruna (KT): Jonson Sihotang; IV. Wakil Ketua: Jandor Manalu; V.Sekretaris: Jusuf Sihotang, VI. Wakil Sekretaris: Poltak Manalu, VII. Bendahara: Opiller Simbolon, VIII. Wakil Bendahara: Hendra Simamora, IX. Kepala Divisi (Kadiv) terdiri dari : 1. Kadiv Pendidikan dan Pelatihan: Rommi Simamora. 2. Kadiv Usaha dan Kesejahteraan Sosial: Baharuddin Sihotang, 3.Kadiv Usaha dan Kelompok Bersama: Japiaman Sihotang, 4.Kadiv Olahraga, Seni dan Budaya: Jhonson Limbong, 5.Kadiv Kerohanian dan Pembinaan Mental: Sintong Sihotang, 6.Kadiv Lingkungan Hidup: Lasmur Simanullang, 7.Kadiv Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Kemitraan: Samir Joyo Rambe.
“Kelompok Tani “Bersinar” yang diketuai Jonson Sihotang diharapkan mampu menggerakkan pengurus dan anggota untuk proaktif membantu Kepala Desa dalam menangani masalah kepemudaan dan masalah sosial yang ada di lingkungan Desa Rura Aek Sopang dengan membangun koordinasi kepada berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) baik di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten, bahkan pada tingkatan yang lebih tinggi dan skop yang lebih luas,” ujar Pj. Kepdes Rura Aek Sopang Sumurung Rajagukguk,SH.,kepada wartawan.
Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Polsek Pakkat Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Afandi, Badan Pembinaan Masyarakat (Babinsa) Ramil 10/Pakkat Anton Munthe dan Kepala Unit Pengelola Teknis (Ka.UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pakkat, Dokter Josua M.Sinaga dan staf Puskesmas Grace Sitorus, SKM., Pengurus Karang Taruna Desa Rura Aek Sopang “Bersinar” Mendapatkan Bimbingan dan Pembinaan”.
Sebagai bentuk kepedulian lembaga lain terhadap kehadiran Kelompok Tani “Bersinar”, pada acara tersebut juga hadir Ketua Lembaga Partuha Maujana (LPM) Marulak Sihotang, Wakil. Ketua TP.PKK Desa Ny. Sariani Enton Sihotang, Bidan Desa (Bides) Tolping Lamria Br.Marbun, Bides Aek Sopang Sulastri Br.Tambunan, dan para Perangkat Desa, Desa Rura Aek Sopang.
Kehadiran para petinggi Kecamatan Pakkat berkat undangan pribadi Penjabat (Pj) Kepdes Rura Aek Sopang Sumurung Rajagukguk,SH., yang tujuannya guna memberikan bimbingan, arahan dan pembinaan kepada para Pengurus Karang Taruna “Bersinar” yang baru terbentuk.
Sumurung juga menyampaikan respon positip yang ditunjukkan Kapolres Humbahas AKBP Rudi Hartono, S.I.K.,M.M., atas terbentuknya Karang Taruna “Bersinar” dengan menunjukkan SMS yang disampaikannya yang berbunyi: “Terima kasih pak kades atas kerjasama dan dukungannya terhadap tugas2 Polsek utk mewujudkan kamtibmas yg kondusif”.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *