Kasubag Poldagri Kesbangpol Kabupaten Serang Kunjungi Kantor Ormas DPC Lapbas

Oleh  Yadi

SERANG BANTEN – AMUNISINEWS. CO. ID-Kasubag Poldagri Bagian Kesbangpol Kabupaten Serang melakukan kunjungan kerja ke Kantor Sekretariat Ormas Lapbas (Laskar Pendekar Banten Sejati) di Jalan Cikande Bandung Km 3,5 Kp Gedong Burung,  Desa Situ Terate, Kec Cikande, Kab Serang, Prov Banten, Jumat (29/11/2019).

Setelah kunjungan ke kantor Sekretariat selesai acara di lanjutkan ke tempat kediaman Sekjen DPC Kab Serang Bayu Sagara yang berada di Kp Pada Suka, Desa Junti, Kecamatan Jawilan, dengan di ikuti ketua dan puluhan anggota  Ormas Lapbas dari berbagai PAC yang ada di Kab Serang.

Acara kunjungan tersebut di lakukan untuk Verifikasi Keberadaan Kantor Ormas DPC Lapbas yang ada di wilayah kec Cikande selain itu untuk menggelar kegiatan penguatan kelembagaan organisasi kemasyarakatan, mitra kerja  dan untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah dan Ormas Lapbas.

Hal tersebut terbukti, ketika Kasubag Poldagri bagian Kesbangpol Kab Serang Dik dik Abdul Hamid yang  di dampingi jajaran melakukan diskusi tidak terlihat suasana tegang, selama rapat suasana terkesan mencair dan bersahabat di selingi humor dan di sambut tawa para anggota rapat.

Acara, turut hadir, Kasubag Poldagri bagian Kesbangpol Kabupaten Serang Dik dik Abdul Hamid, Taufil Rohman, Alita Wijayanti, Budi, Sekjen DPC Lapbas Bayu Sugara, Ketua Pac Jawilan Nurjen, Ketua Pac Bandung Rudi, Ketua Pac Pamarayan Acun Sunarya serta puluhan Anggota lapbas.

Dik dik menjelaskan, sangat  mengapresiasi kepada rekan-rekan Lapbas yang semangat dalam rangka untuk Memulihkan nama baik Lapbas, membuat Program yang ke depan yang banyak membantu Masyarakat dan Pemerintah dan respon terhadap situasi dan kondisi masyarakat sekitar.

“Kami akan memberikan pelayanan dan bantuan yang terbaik bagi Ormas dan LSM karena merupakan mitra kerja yang sangat penting bagi pemerintah. “Ormas dan LSM menjadi bagian penting bagi pemerintah untuk menyampaikan berbagai hal dan pesan ke masyarakat. Sehingga keberadaan Ormas dan LSM akan terus diperkuat,” lanjutnya

Sementara itu Taufik Rohman menyampaikan bahwa Organisasi Kemasyarakatan atau disingkat Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Keberadaan Ormas dan LSM dari aspek legalitas sangat penting. Karena akan diketahui mana Ormas dan LSM yang benar-benar aktif mana yang tidak. Ia menuturkan saat ini Ormas dan LSM tidak perlu lagi susah-susah mengurus legalitas.

“Apabila  Ormas dan LSM sudah memiliki badan hukum berdasarkan akte yang dikeluarkan notaris, maka tidak perlu lagi menyertakan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari instansi terkait. Namun apabila Ormas dan LSM belum memiliki akte notaris, maka wajib melengkapi SKT sebagai tanda legalitasnya.” terangnya

Sementara Sekjen DPC Kabupaten  Bayu Sugara, menyampaikan, sangat senang dan apresiasi kepada Tim Kesbangpol Kabupaten Serang, dan kami mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan tim kesbangpol ke tempat kami, semoga kedepannya hubungan baik ini semakin erat terjalin antara pemerintah dan ormas.

Lanjut, dalam kesempatan yang sama Ketua PAC Pamarayan Acun Sunarya menyampaikan keberatannya terkait regulasi dan aturan pemerintah yang mengatur ormas yang di anggap sangat membatasi kebebasan gerak dalam berorganisasi. “Salah satunya adalah dimana ada oknum yang melanggar hukum maka ormas tersebut bisa di bubarkan, jelas aturan ini di nilai belum adil dan sangat memberatkan bagi kami,” ujarnya.

149 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KORAN AMUNISI

dan AMUNISINEWS.CO.ID

Ide dasar penerbitan Surat Kabar Umum (SKU) Amunisi dan Amunisinews.co.id antara lain membantu pemerintah dalam upaya penegakkan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) No, 68 tahun 1999, yang ditetapkan pada 14 Juli 1999 mengatur bagaimana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara, termasuk membantu penegakan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Amunisi adalah bagian dari masyarakat, yang diharapkan pula dapat berperan aktif. Karena itu, sebagai media cetak, yang akan turut serta dalam penegakkan hukum di Indonesia, Amunisi harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Tentunya, diaflikasikan dalam bangun tubuh (halaman) dengan organ-organ (rubrikasi) yang tepat sasaran, yakni setiap yang disajikan adalah berisi informasi-informasi yang digali melalui kerja keras investigasi dengan pendalaman yang dapat dipertangungjawabkan.