Kec. Mangarabombang Kab.Takalar sebagai Lokasi Pencanangan KSB

  • Whatsapp

Oleh : Hamzar Siriwa

TAKALAR, AMUNISINEWS.CO.ID – Wakil Bupati Takalar H.Achmad Dg.Se’re, melakukan pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) Bunga Malena, di kelurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang, kab.  Takalar Sulawesi Selatan Senin (19/11/18).

H. Achmad Dg. Se’re pada kesempatannya menjelaskan bahwa program KSB ini merupakan wadah penanggulangan bencana berbasis masyarakat dan menurutnya kecamatan Mangarabombang merupakan wilayah paling tepat sebagai lokasi pencanangan KSB di Takalar.

“Kami sengaja memilih Kecamatan Mangarabombang Sebab wilayah ini masuk kategori rawan bencana seperti banjir, angin puting beliung dan abrasi pantai,” Kata Ahmad Dg. Se’re dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk itu ia minta peranserta para Tagana dan masyarakat dalam merespon cepat berbagai bencana yang terjadi di Takalar. “Atas nama pemerintah kabupaten Takalar sangat menyambut baik atas terselenggaranya pencanangan KSB di Kecamatan Mangarabombang pada hari ini.” papar nya.

Sekedar diketahui, sebelum mencanangkan KSB tersebut, Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg. Se’re, S.Sos bersama Kadis Sosial Prov. Sul -Sel DR. H.Ilham A. Gazaling, M.Di dan Kadis Sosial Kabupaten Takalar Ridwan Tiro menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kementerian Sosial RI kepada anggota Tagana kabupaten Takalar.

Jenis bantuan diserahkan diantaranya Tali Asih untuk 1 tahun kepada 22 Anggota Tagana Kab. Takalar senilai 126 juta rupiah, bantuan logistik untuk lumbung sosial KSB Kelurahan Mangadu senilai Rp.25 juta, bantuan logistik bencana untuk kesiapsiagaan kepada Dinas sosial kabupaten Takalar senilai Rp.34 juta.

Selain itu, pemerintah Kabupaten Takalar dan Gowa juga menerima kendaraan operasional Rescue Tactival Unit (RTU) senilai 860 juta, Kendaraan operasional motor trail sebanyak tiga unit senilai Rp.105 juta, 1 unit perahu karet kepada Dinsos Takalar senilai Rp.125 juta.

Ada juga penyerahan bantuan pangan non tunai (BPNT) kepada KPM sebanyak 18.043 KK pada 9 Kecamatan di Kabupaten Takalar dengan total bantuan Rp 2 milyar, bantuan kepada KPM Program Keluarga

 

Pos terkait