Kecamatan Jawilan dan Kopo Bersama Bangun Kampung Bersih

  • Whatsapp

Oleh  Yadi

SERANG BANTEN – AMUNISINEWS. CO. ID : Kecamatan Jawilan dan Kopo, Serang, Banten  meluncurkan Kampung Bersih, Sabtu (9/11/2019) pagi.Acara yang diinisasi oleh Perusahaan Media Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten dan Korem 064/MY Banten tersebut, berjalan lancar diawali dengan gerak jalan santai mengelilingi desa, perumahan sembari mengutip sampah di sepanjang jalan yang dilalui.

Selanjutnya dimeriahkan dengan lomba cipta menu olahan sehat, senam massal, lomba polisi cilik, jalan santai sambil gotong royong, dan pengundian doorprize.

 

Acara, dimulai dengan jalan santai sekitar 4 km mengitari jalan Desa Majasari, pukul 06.30 WIB. Start dari Lapangan Desa Majasari menuju Jalan Cikande – Rangkasbitung, belok Kanan di Pasar Majasari, dan terus belok kanan menuju Lapangan Desa Majasari sebagai lokasi finish.

Jalan santai dilepas oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Camat Jawilan H Agus Saepudin, Kapolsek Jawilan Iptu Yusuf Dwi A. Kapolsek Kopo Iptu Muhammad Iqbal Wirada.Serta Danramil Kopo Pelda Usep Saiful Ulum yang mewakili, Sekretaris Dukcapil kab Serang Jajang Kusmara, Kepala UPT Dukcapil kec Jawilan Safrudin S. Pd, dan Direktur Radar Banten Masudi.

Terlihat Kades sekecamatan Jawilan, Kades Ranca Sumur, Wahyu Nazarudin yang mendapatkan hadiah doorprize satu unit Sepeda gunung, Ketua Karang Taruna Kec Jawilan Hidayat, dari Unsur  Masyarakat dan Kepemudaan, seperti LSM Badak Banten, LAPBAS dan Komunitas Sepeda Jawilan juga turut hadir.

Dalam Sambutannya Direktur Radar Banten dan Banten Raya TV Mashudi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Serang, Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si., dan Korem 064 My/Serang selaku penggagas Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Kami dari Radar Group mengucapkan terima kasih dan sangat bangga dan senang bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang, Kepolisian Daerah Banten, Korem 064/My dan seluruh jajaran. Tentunya merasa sangat terhibur karena kerja keras bersama, sekarang kita bisa membanggakan diri, Kabupaten Serang yang sebelumnya banyak sekali kampung-kampung yang dicap sebagai kampung yang kotor, sekarang kita bisa bandingkan dengan seluruh wilayah Kabupaten/Kota yang ada di Banten, ada 326 RW di Kabupaten Serang adalah kampung yang paling bersih,ujarnya

“Kebiasaan membersihkan kampung, memperindah kampung, Gotong royong bersama saling bahu membahu termasuk menjaga keamanan dan ketertiban harus kita lakukan secara terus menerus dan kita tularkan kepada lingkungan kita,” jelas Masudi.

Sebelum mengakhiri sambutannnya, Masudi berharap dari acara ini kita berharap kedepan tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, dalam Kesempatan yang sama, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengapresiasi acara Lomba Kampung Bersih dan Aman yang digagas Radar Banten, Polda Banten, dan Korem 064/Maulana Yusuf Serang bersama Pemkab Serang. Lomba kebersihan dan keamanan ini diharapkan menjadi motivasi warga di Kabupaten Serang untuk menerapkan pola hidup bersih dan aman.

“Masyarakat sangat antusias sampai yang hadir jumlahnya ribuan membeludak,” kata Pandji saat memberi sambutan

Menurut Pandji, LKBA Kabupaten Serang 2019 mampu memotivasi dan memacu kratifitas warga antar desa serta membangun kesadaran kolektif akan pentingnya kebersihan dan keamanan lingkungan.

“Karena kebersihan dan keamanan kan tanggung jawab bersama, Pemkab Serang, warga, kepolisian dan TNI saling bersinergi,” katanya.

Pandji juga mengapresiasi kinerja Unsur Pemerintah Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas di desa untuk mengajak warga gotong royong membersihkan lingkungan. Dengan LKBA ini kita hidupkan kembali budaya gotong royong yang sudah hampir hilang.

“Tidak ada yang bisa menjamin kebersihan dan kemanan selain kita, warga Kabupaten Serang,” ujarnya.

Panji mengatakan, Lomba Kampung Bersih dan Aman akan diselenggarakan setiap tahun. dengan kategori kampung berbunga, kampung warga paling kompak, dan kampung paling

 

Pos terkait