Kejari Didesak Sita Harta Kades yang Diduga Selewengkan ADD

Oleh Hamzah Sila

JENEPONTO, AMUNISINEWS.CO.ID – Terkait dugaan penyelewengan dana ADD yang disinyalir kuat dilakukan oleh Kades Je’netallasa Kec. Rumbia Kab. Jeneponto, Sul sel, Abd Salam mengakibatkan, puluhan warga Desa Jenetallasa tersebut, berunjuk rasa di kantor Kejaksaan Negeri Jeneponto jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Binamu, Kamis, 1 Maret 2018.

Warga Desa Jenettallasa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat (GEMA) Jenetallasa yang dipimpin, oleh Asri sebagai kordinator lapangan, mendatangi kantor Kejari Jeneponto, atas adanya indikasi  penyelewengan Anggaran Dana Desa (ADD).

“Kami meminta kepada Kejaksaan agar serius menangani kasus dugaan korupsi ADD, khususnya penggunaan ADD Desa Je’nettallasa Kecamatan Rumbia dimana Kepala Desa (Kades), Abd. Salam tidak terbuka dalam penggunaan Anggaran Dana Desa,” kata Asri dalam orasinya.

Menurut Asri, selama menjabat sebagai Kepala Desa Jenetallasa, Abd Salam selaku kades dinilai tidak transparan dalam penggunaan anggaran dana desa. “Pak Desa tidak pernah menyampaikan besaran anggaran yang dia kelolah, baik itu Anggara Dana Desa yang bersumber dari APBD maupun Dana Desa dari APBN.” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa Kades,   Abd. Salam sudah empat tahun mengelola anggaran dana desa (ADD) dan tiga tahun dana desa (DD). “Dalam undang-undang desa. Masyarakat berhak mendapat meminta dan mendapat informasi dari pembangunan desa, penggunaan ADD dan DD harus transparan, bukan dianjurkan untuk tertutup dengan penggunaan ADD dan DD,” ungkap Tokoh pemuda Jenetallasa itu.

Pada kesempatan itu,  puluhan pengunjuk rasa meminta Kejaksaan Negeri Jeneponto, untuk menyita harta kekayaan yang dimiliki Kades Jenetallasa Abd. Salam yang diduga hasil korupsi ADD dan DD “Kami meminta Kejari Jeneponto, untuk mengusut tuntas kasus korupsi DD dan ADD Jenetallasa dan sita harta hasil dugaan korupsi Kades Jenetallasa,” harapnya.

Puluhan pengunjuk rasa itu diterima Kasi Datun Kejari Jeneponto, Syamsu Rezky yang dikawal ketat oleh pihak kepolisian Polres Jeneponto.

 

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *