Kisah Sukses RHL oleh BP DAS Cimanuk-Citanduy

  • Whatsapp

oleh andry

SUNGAI DIMANUK

BANDUNG, AMUNISINEWS.COM-Kebun Bibit Rakyat yang selanjutnya disingkat KBR adalah kebun bibit yang dikelola oleh kelompok masyarakat baik laki-laki maupun perempuan melalui pembuatan bibit berbagai jenis tanaman  hutan atau tanaman serbaguna (MPTS) yang pembiayaanya bersumber dari tanah pemerintah.

Di wilayah BPDASHL Cimanuk-Citanduy Program KBR ini dimulai sejak tahun 2010 sampai dengan sekarang, salah satu tujuan dari program KBR tersebut sebagai penyediaan dan pemenuhan kebutuhan bibit bagi masyarakat, mencegah dan menanggulangi bencana, penyedia oksigen (O2), penyerap racun udara terkontaminasi, selain itu secara tidak langsung akan mempengaruhi terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pada realisasinya sebagian kelompok tani hanya melakukan program pembibitan KBR hanya sampai anggaran tersebut berakhir, hanya sebagian kecil dari kelompok tani yang sampai saat ini melakukan pembibitan benih tanaman hutan serta MPTS.

Salah satu kelompok tani KBR yang sustainable atau berkelanjutan dalam pembibitan tanaman kayu-kayuan dan MPTS yaitu Kelompok Tani Mitra Alam Semesta yang terletak di Desa Sandang Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Kelompok Tani Mitra Alam Semesta mendapat program KBR tahun 2011, sejak saat itu kelompok tani yang diinisiasi ketua kelompok melakukan pembibitan secara swadaya.

Dengan pengetahuan serta pengalaman yang di dapat dari program KBR tersebut dijadikan modal untuk membuat persemaian. Setiap tahunnya persemaian tersebut mampu memproduksi dan menjual bibit ± 50.000 batang.

Selain meningkatkan kesejahteraan kelompok, dampak positif dari adanya program KBR di desa tersebut yaitu berubahnya pola pikir masyarakat yang semula lebih membudidayakan tanaman semusin kini beralih ke tanaman kayu-kayuan.

editor hendra usmaya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *