Rabu , 17 Januari 2018
Home / NASIONAL / Kodim 0816/Sda, Canangkan Penghijauan Tanam Mahoni di Ruas Jalan

Kodim 0816/Sda, Canangkan Penghijauan Tanam Mahoni di Ruas Jalan

Oleh : Nugraha/Tama

Dandim 0816 Letkol Inf. Fadli Mulyono tanam 3.650 bibit pohon mahoni

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Kodim 0816 Sidoarjo khususnya Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, S.IP bentuk kepedulian mencanangkan penanaman penghijauan di kanan-kiri sepanjang ruas jalan Provinsi/Nasional di jalan By pass Krian-Mojokerto yang merupakan salasatu program Gerakan Indonesia Menanam Pohon. Sebanyak 3.650 bibit pohon mahoni dengan ketinggian rata-rata 2 Meter Sabtu (06/01).

Dalam kegiatan tersebut hadir para Perwira jajaran Kodim 0816/Sda, Forkopimka Kec. Krian, Balben & Tarik, Direktur PT.Lumintas Puspindo dan para pimpinan perusahaan sewilayah Krian, Balben & Tarik, anggota Koramil jajaran Kodim 0816/Sda dan Anggota Polsek Balong Bendo serta anggota GM FKPPI PC 1316 di lapangan PT. Lumintas Puspindo Jln. Raya Baypas Krian Balongbendo dalam  giat “Pencanangan Program Penghijauan” di sepanjang ruas kanan kiri jalan provinsi Jatim wil ayah Kodim 0816 Sidoarjo yang   diikuti sekitar 200 orang anggota Makodim dan Forkopimka Balong Bendo.

Sepanjang jarak 13Km melintasi wilayah Kecamatan Krian, Balongbendo dan kecamatan Tarik, sejumlah 3.650 bibit pohon mahoni dengan ketinggian rata-rata 2 Meter ditanam bersama oleh para Pimpinan Kodim 0816, Anggota jajaran Polresta Sidoarjo, Forkopimka Kecamatan Krian, Balongbendo dan Tarik, Forkopimdes tiga kecamatan tersebut, para Pimpinan perusahaan yang berada di jalur bay pass krian yang berjumlah sekitar 378 orang yang tersidiri dari TNI & Polri, GM FKPPI PC 1316 dan Kader Bela Negara.

” Program penghijauan di ruas kanan kiri jalan Provinsi/Nasional ini merupakan program dari Kodam V/Brawijaya yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Prov. Jatim yang dilaksanakan di 18 kab. termasuk kab. Sidoarjo sejauh +- 13 km”

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf ‎Fadli Mulyono mengatakan, Manfaat dari pohon mahoni adalah merupakan tanaman yang selalu hijau, tahan hidup ditanah gersang, ditanam secara luas di daerah tropis dalam program reboisasi maupun penghijauan dengan sistem agroforestry,tuturnya.

“Sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya keras dan sangat baik untuk mebel, barang ukiran seta kulitnya bisa digunakan untuk mewarnai pakaian dan getahnya bisa sebagai bahan baku lem serta bijinya sebagai bahan baku obat herbal,” ujar Fadli.

Dandim menanbahkan, diadakannya kegiatan penghijauan seperti ini semoga mampu mendukung program pemerintah dalam gerakan indonesia menanam pohon,serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global bermanfaat untuk menghasilkan oksigen, membuat jalan menjadi teduh dan sejuk.Penanaman seperti ini juga mampu menjaga kelembaban, menyerap debu serta membuat indah serta nyaman dan sehat bagi lingkungan.” ujar Dandim.

Sementara warga masyarakat yang mengetahui kegiatan tersebut kepada wartawan kemarin mengatakan, kegiatan yang dilakukan Komandan Kodim beserta jajarannya dan forkopimka ini sangat banyak sekali manfaatnya.Terutama mengurangi polusi udara dan terik matahari yang menyengat bagi masyarakat sekitar dan pengguna jalan umumnya dalam jebutuhan akan kesehatan udara.

 

 

 

editor: maliki hd

(Visited 16 times, 1 visits today)

Simak Juga

PPK : Jembatan Itu Tempohari Pernah Kami Perbaiki

Oleh Robi SUNGAILIAT BABEL,AMUNISINEWS.CO.ID—Purwanti, PPK jembatan senilai Rp 8 miliar  yang bermasalah mengaku pernah memperbaiki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *