Kogartap III Gelar Apel Gabungan, Bentuk Sinergitas TNI -Polri Jelang Pemilu 2019

  • Whatsapp

Oleh : Yudi Nugroho/M.Tama

Dan Gartap III Mayjen TNI Arif Rahman – di lapangan Kodam V Brawijaya.

SURABAYA, AMUNISINEWS.CO.ID – Kamis pagi (30/8) bertempat di lapangan Kodam V Brawijaya, Kogartap III Surabaya gelar apel gabungan TNI – Polri.Apel gabungan tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Jawa Timur yang digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang.

Komandan Garnisun Tetap (Dan Gartap) III Surabaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan, apel gabungan ini rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali. Selama delapan bulan bertugas di Jatim, Arif mengaku tidak pernah mendengar adanya gesekan antara TNI dan Polri.

 

“Jatim aman dan kondusif, tidak pernah terjadi gesekan antar TNI-Polri. Itulah manfaat dari seringnya kegiatan apel gabungan sehingga menciptakan situasi aman dan kondusif,” tegas Mayjen TNI Arif Rahman.

Menurutnya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 serentak di Jatim berjalan dengan aman dan lancar. Ini menjadi tantangan kedepan terkait pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Sinergitas TNI dan Polri harus terus terjalin dengan baik, serta semakin solid dan profesional.Tujuannya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, terlebih saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

“Kami berharap TNI-Polri di Jatim semakin solid dan profesional sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Terkhususkan bagi pengamanan proses tahapan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” ujarnya.

Jenderal bintang dua TNI AD ini menegaskan, netralitas TNI Polri harus tetap dijaga dan mutlak. Pihaknya pun menekankan bagi seluruh jajaran TNI Polri agar memegang teguh netralitas ini. Bahkan netralitas TNI Polri dalam Pemilu merupakan harga mati. Untuk anggota TNI yang melakukan pelanggaran akan di berikan sanksi tegas.

“Netralitas TNI Polri harga mati dalam Pemilu. Sudah dibuktikan pada saat Pilkada kemarin tidak ada laporan tentang netralitas itu. Mudah-mudahan dalam proses selanjutnya tidak terjadi hal yang tak diinginkan,” tegasnya.

Disinggung terkait aksi 2019 Ganti Presiden di Surabaya yang hampir memanas, Arif menambahkan, hal itu sudah berjalan kondusif. Bahkan Kapolres dan Danrem sudah mengumpulkan kedua belah pihak. Perwira Tinggi yang juga sebagai Pangdam V Brawijaya ini mengaku, pihaknya tetap mengedepankan upaya-upaya pencegahan, pendekatan kepada masyarakat dari berbagai komponen. Dengan begitu akan tercipta situasi yang aman dan kondusif.

“Mari kita sama-sama menciptakan kondisi Jatim yang aman dan kondusif. Kondusifitas bisa diciptakan dengan bersatunya TNI Polri dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua komponen masyarakat. Sehingga sama-sama komitmen menjaga keamanan di Jatim,” pungkasnya.

Apel gabungan ini dihadiri Pangkotama TNI, Kapolda Jatim diwakili DirSabhara Polda Jatim, KombesPol. Sugeng Ingat Rikolo, Komandan Satuan, para Perwira, Bintara dan Tamtama TNI-Polri serta ASN (Aparatur Sipil Negara) jajaran Kogartap III Surabaya

 

editor: maliki hd

 

Pos terkait