Komunitas Gemo Gelar Festival Penangkapan Ikan Namur Met EV 2018

  • Whatsapp

Oleh Jecko Poetnaroeboen

LANGGUR, AMUNISINEWS.CO.ID – Ribuan masyarakat Nuhu Yut yang tergabung dalam komunitas Generasi Muda Ohoiel (Gemo) menggelar Festival Pesona Penangkapan Ikan Namur secara Tradisional di Ohoi Ohoiel Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara serta melibatkan unsur Pimpinan TNI – Pokri, Pimpinan SKPD, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

 

“Festival Penangkapan Ikan Namur (FPIN) Met Ev 2018, cukup dengan menggunakan tangan, Ivent seperti ini merupakan salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam peningkatan pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, khususnya di Nuhu Yut Kecamatan Kei Besar yang dilaksanakan pada hari sabtu (27/10) pekan kemarinkemarin,” Ketua Panitia, Samuel D Tapotubun kepada media Amunisinews, Sabtu (03/11).

Samuel D Tapotubun menggatakan, festival ini sendiri dilatarblakanggi oleh kemauan dan kepedulian Generasi Muda Ohoiel untuk tetap menjaga kearifan lokal budaya tangkap ikan dan budaya lainnya yang semakin terkikis habis oleh arus globalisasi.

“Festival Tangkap ikan tradisional dengan tangan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara meriah selama tiga tahun terakhir yang mana kegiatan tersebut sudah di agendakan untuk kegiatan tahunan oleh Pemerintah Ohoi dan BSO Ohoiel,” katanya.

Harapan Tapotubun, kedepan, bahwa mengembangkan potensi pariwisata Maluku Tenggara, dan menjalin kemitraan bersama Pemerintah Daerah dalam memperhatikan potensi wisata budaya, melestarikan kaearifan lokal baik hasil laut, hutan, maupun seni tari dan budaya sebagai masyarakat adat.

Selain itu, festival tangkap ikan tradisional sanggat di harapkan kesadaran masyarakat agar jangan menggunakan bahan peledak atau racun yang mematikan karena pertumbuhan terumbuh karang memakan waktu yang lama.

Tangkap Ikan Namur menggunakan tangan memeliki keunikan tersendiri sehingga perlu untuk tetap dijaga budaya dengan ivent seperti ini sehingga masyarakat rasa memliki atas potensi alam yang dimilkinya.

Lebih lanjut, Mex Betaubun atas nama Panitia pelaksana Festival Pesona Penangkapan Ikan Namur Met Ev 2018, dengan ini menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang telah mendukung dan turut berpartisipasi dalam suksesnya kegiatan dimaksud, dan kepada Pimpinan SKPD yang turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini panitia juga mengucapkan ucapan terimakasih atas segala dukungan bahkan kehadiran yang telah ditunjukan dalam pelaksanaan kegiatan ini kiranya kehadiran dapat memberikan sebuah spirit kepada masyarakat dan seluruh komponen yang ada di Ohoiel untuk dapat membangun Ohoi Ohoiel sebagai salah satu sektor andalan Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara.

Panitia juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Wilayah kecamatan kei besar yang telah turut mendukung atas terselanggaranya pelaksanaan kegiatan festival Pesona  Penangkapan Ikan Namur dan kami juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Pemerintah Ohoi Ohoiel, ketua BSO, Tokoh adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda yang telah turut berpartisipasi serta dukungan yang telah diberikan untuk suksesnya kegiatan dimaksud dan panitia juga mengucapkan banyak terimakasih baik moril maupun material.

Harapan Panitia kedepan, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara agar moment ini menjadi suatu kebersamaan antara masyarakat Ohoi Ohoiel dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara untuk dapat meningkatkan potensi Wisata Ohoi Ohoiel sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Panitia juga mengharapkan kepada pemerintah Ohoi Ohoiel dan masyarakat Ohoiel untuk turut berpartisipasi bersama – sama melestarikan potensi wisata kita baik itu potensi bahari maupun potensi budaya kita, karena apa yang ada merupakan anugerah terindah dari Tuhan buat kita agar dapat kita jaga dan lestarikan.

Pos terkait