Koperasi Perlu Dikembangkan agar Bisa Bersaing di Tataran Global

  • Whatsapp

Oleh Budi Setiawan

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID- Koperasi merupakan salah satu pilar ekonomi nasional, selain BUMN dan swasta. Tapi kinerja koperasi masih jauh tertinggal dengan BUMN apalagi dengan swasta. Untuk itu koperasi perlu dikembangkan, agar bisa bersaing baik tataran lokal maupun global.

Amiza Nilawati,S.E,M.M, senator Dapil  Sumatera Selatan, di Komite lV.yang membidangi APBN, Pajak, Koprasi,UKM. menegaskan koperasi di daerah rata rata belum banyak. hal ini di sebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang bagaimana cara mendirikan dan menjadi keanggotaan dalam koperasi.

“Masyarakay juga belum memehami  fungsi koperasi itu sendiri. untuk itu, perlu adanya peng-edukasian serta pendampingan dalam mendirikan dan menjalankan koperasi di daerah,  terkhusus di pedesaan dan desa tertinggal,” katanya kepada Amunisinews.co.id, Senen,(14/10/20).

Sinergisitas koperasi dengan swasta, sangat mungkin terjadi. Hal ini bisa ditunjukkan dengan adanya  kerja sama koperasi dengan pihak swasta.  koperasi dapat mendistribusikan semua hasil produk anggotanya kepada pihak tersebut.  Disisi lain koperasi bisa menjadi bagian steakholder penanam modal dalam berinvestasi kepada pihak swasta dalam hal saham,  baik BUMN maupun BUMD.

Soal minim itu, sangat relatif. Semakin besar  top up awal yang didukung oleh kementerian koperasi, tidak menjamin akan majunya koperasi tersebut, jika tidak di dukung oleh kesunguhan para anggota dan pengetahuan serta performens setiap anggota terhadap koperasi. Tetapi dengan dukungan awal yang tinggi, kontrol yang jelas, disikapi dengan kesungguhan anggota dan kepengurusan, pasti koperasi tersebut akan berhasil dan maju.

“Era Digital tidak bisa kita hindari. Edukasi kepengurusan untuk memahami dunia digital, merupakan hal yang sangat penting. Justru digitalisasi, bisa mendukung operasionalisasi koperasi tersebut, dalam syiar,  dakwah dan marketing nya,” ujar Amiza Nilawat.

Lebih lanjut ditegaskan, aspek lain, selain memahami Digitalisasi, kita bisa masuk kedalam era globalisasi, karena jika kita mengetahui serta memahami apa yang menjadi standarissi global yang bisa diterima oleh masyarakat dunia, tidak menutup kemungkinan kita untuk bisa bersaing secara global. persoalannya disini adalah, how to make the  “competitive  advantage in the world ” yang bisa di terima masyarakat dunia. persoalan mutu menjadi pertimbangan yang terpenting , ketika koperasi akan merambah dunia  internasional.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *