Kredit UKM Terganjal Izin Domisili Usaha

oleh: sudijanto

adang- spektrum
Adang (foto: sudijanto)

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM-Pemerintah berupaya meningkatkan ekonomi lemah, sektor riil melalui UKM (Usaha Kecl dan Menengah). Tapi, program tersebut sepertinya jadi dilema. Di antaranya jelas Adang, ketua.Rw 07 kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara. pada wartawan Amunisi. a warga sering ditolak saat proses kredit karena tidak diterbitkannya surat domisili usaha dari kelurahan setempat.

“Warga saya ditolak proses kridit UKM karena tidak diterbitkannya Surat domisili usaha dari kelurahan setempat, padahal Surat Domisili Usaha merupakan syarat utama pengajuan kridit UKM. alasannya, rumah tinggal tidak bisa dijadikan tempat usaha,” katanya.

Menurutnya, seandaikan pelaku usaha harus sewa ruko sebagai tempat usahanya, hal ini tidak mungkin dilakukan pelaku usaha kecil. “Kalau begitu nasib usaha kecil tetap kecil dan program UKM ibarat penghibur usaha kecil. Walaupun sudah ikuti pendidikan program UKM,” jelas Adang, dilema yang terjadi pada warganya. (hu)

111 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KORAN AMUNISI

dan AMUNISINEWS.CO.ID

Ide dasar penerbitan Surat Kabar Umum (SKU) Amunisi dan Amunisinews.co.id antara lain membantu pemerintah dalam upaya penegakkan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP-RI) No, 68 tahun 1999, yang ditetapkan pada 14 Juli 1999 mengatur bagaimana peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan negara, termasuk membantu penegakan hukum dan percepatan pemberantasan korupsi. Amunisi adalah bagian dari masyarakat, yang diharapkan pula dapat berperan aktif. Karena itu, sebagai media cetak, yang akan turut serta dalam penegakkan hukum di Indonesia, Amunisi harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Tentunya, diaflikasikan dalam bangun tubuh (halaman) dengan organ-organ (rubrikasi) yang tepat sasaran, yakni setiap yang disajikan adalah berisi informasi-informasi yang digali melalui kerja keras investigasi dengan pendalaman yang dapat dipertangungjawabkan.