Kunjungan PAC, Ranting Lapbas Gabus Jawilan Ke Muspika Kopo Jawilan

  • Whatsapp

Oleh, Yadi

SERANG BANTEN – AMUNISINEWS. CO. ID.- Guna pererat tali silaturohmi dengan unsur Muspika di Kecamatan Kopo- Jawilan, dan mengantisipasi terjadinya gesekan maupun bentrokan antar Ormas, OKP maupun LSM, Ketua Lapbas PAC Jawilan Nurzen dan Ketua Ranting Kopo Merun, beserta Jajaran melakukan giat kunjungan ke unsur Muspika. Selasa (14/07/2020)

Kunjungan pertama ke Polsek Kopo, diterima langsung oleh Kapolsek Kopo AKP Indik yang di dampingi Kanit Reskrim Polsek Kopo Dadang Saepuloh.W.S.H dan Bripka Daniel R Siahaan

Pertemuan kedua bertempat di Koramil Kopo yang disambut langsung oleh Danramil Kopo Kapten (Inf)  Jajang Supriatna, S.Kom.

Selanjutnya kunjungan berakhir di Kantor Kecamatan Kopo Kabupaten Serang Provinsi Banten dan diterima oleh Sekcam Kopo Ranan S.Pd yang didampingi oleh stafnya

Giat tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut dengan keberadaan kantor Lapbas Ranting di Wilayah Desa Gabus yang baru, dan sinergitas antara Muspika dan Ormas.

Tujuannya agar dapat menyikapi beberapa kejadian terkait gesekan antar Ormas yang belum lama terjadi beberapa waktu lalu.

Danramil Kopo Kapten Inf, Jajang Supriatna S.Kom. mengatakan kepada media, “Untuk mengantisipasi akan terjadinya hal tersebut, kami melakukan langkah cepat yakni mengimbau semua ormas,OKP dan LSM yang datang ke tempat kami  yang ada di Kopo agar selalu menghindari gesekan antar ormas, karena kami tidak akan segan untuk sikat mereka jika mereka berani meresahkan Masyarakat.

Jika terjadi permasalahan antar ormas selalu kedepankan Pertemuan dengan cara Musyawarah, ini nantinya sebagai sarana penyelesaian apabila ada permasalahan dilapangan yang melibatkan anggota ormas. Intinya, untuk mengedepankan musyawarah jika terjadi hal tersebut. Bisa saja kan ketuanya pada akur, tapi kadang dibawahnya ada saja terjadi gesekan yang bakal menimbulkan bentrokan antar ormas,” ujarnya.

Sementara Kapolsek Kopo, Indik Rusmono SIK,.MH berharap dengan kunjungan ormas lapbas ke Polsek Kopo,  kami sarankan tetap mematuhi ProKes covid.

Selanjutnya bagi setiap ormas dapat mengunggah kesadarannya masing – masing, tentunya dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban serta kondusifitas kearah yang positif. Mengingat, kalau suatu wilayah aman maka tidak menutup kemungkinan para investor akan berdatangan.

Indik, Menegaskan, “Kami tidak ingin diwilayah kami terjadi gesekan antar ormas. Mari sama-sama bertanggung jawab menjaga keamanan wilayah, demi kemajuan ekonomi masyarakat khususnya di Kopo-Jawilan” tegasnya.

Jumlah Ormas di Kecamatan Kopo – Jawilan sendiri saat ini cukup banyak ditambah dengan sejumlah OKP dan sebagian LSM. Ormas disini harusnya  dijadikan kesinambungan setiap bulan menjadi forum silaturahmi baik melalui pengajian maupun kegiatan sosial. Tentu, guna menarik kembali simpati masyarakat yang selama ini beropini negatif terhadap ormas.

Kami akan rubah image itu dengan melakukan kegiatan positif. Dan kami akan melakukan kunjungan ke sejumlah ormas, untuk diberikan bimbingan atau imbauan pembinaan dan penyuluhan dengan mengedepankan upaya pencegahan preventif dan represif agar tidak terjadi gesekan. Kedepankan proses musyawarah jika terjadi gesekan atau bentrokan akibat kesalahpahaman, pungkasnya.

Sementara Ketua Ormas Ranting Gabus Merun mengucapkan terimakasih kepada pimpinan Muspika yang sudah menerima dan menjamu kedatangan kami ke tempat ini, kami siap bersinergi jika dibutuhkan. Ujarnya.

 

Pos terkait