Lanal Denpasar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 2018/1440 H

  • Whatsapp

Oleh : Pen/Red

BALI, AMUNISINEWS.CO.ID – Untuk meningkatkan iman dan takwa, Pangkalan TNI AL (Lanal)  Denpasar menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Masjid Sabilul Hidayah Pangkalan TNI AL Denpasar, Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Senin (26/11).

Danlanal Denpasar, Lantamal V, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko hadir bersama jajaran personel lainnya. Ketua Panitia peringatan,  Dandenpomal Lanal Denpasar Mayor Laut (PM) Andi Risal, menghadirkan KH. Thoha Muntaha Abdul Manan dari Pondok Pesantren Krikilan Glenmore Banyuwangi sebagai penceramahnya.

Peringatan kali ini mengusung tema  “Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H / 2018 M Sebagai Suri Teladan Bagi Prajurit dan PNS TNI Yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal dengan Rakyat”.

Dalam sambutannya Danlanal Denpasar menyampaikan bahwa Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sejatinya adalah upaya untuk mengingat kembali suri tauladan yang telah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW kepada umatnya.

“Kita tentunya berharap dapat mengikuti sunnahnya dengan istiqomah, karena pada diri dan kehidupan keseharian Rasulullah SAW memiliki akhlak yang baik,” ujarnya.

Sebagai insan prajurit Sapta Marga, kita selalu berusaha untuk meneladani sikap dan kepribadian junjungan umat muslim Nabi Besar Muhammad SAW, kepribadian beliau dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan pembinaan moral dan disiplin prajurit TNI.

Lebih lanjut Danlanal mengatakan, sudah seharusnya kita dapat menauladani kesederhanaan Nabi Muhammad SAW.  Walaupun beliau adalah seorang pemimpin besar umat manusia di dunia, namun dimanapun berada, beliau selalu menampilkan pola hidup sederhana.

“Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin umat Islam selalu menekankan pada pembangunan akhlak yang mulia. Artinya, selain hubungan manusia dengan Allah SWT, Rasulullah SAW juga menginginkan para umatnya membangun hubungan yang baik dengan sesama manusia,” tegas Danlanal.

Pada kesempatan tersebut, dalam ceramahnya K.H. Thoha Muntaha mengatakan bahwa ada beberapa aspek yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk membangun masyarakat sejahtera, salah satunya adalah Aqidah dan kalau Aqidah manusia itu baik, hidupnya pasti baik.

“Untuk memperkokoh Aqidah, perbanyaklah sholat malam seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW setiap malam,” ucapnya.

Tidak ada ubahnya seperti cerita pewayangan yaitu lahirnya Tutuko (nama kecil Gatutkaca), yang digembleng di kawah Chandra Dimuka untuk menjadikan ksatria yang tangguh demi membela tegaknya kebenaran sama halnya dengan prajurit TNI kita, mari para Prajurit Sapta Marga, kita bangun tengah malam untuk sholat memanjatkan kepada Allah SWT, untuk kebaikan diri kita, keluarga, masyarakat bangsa dan negara yang kita cintai bersama, itu semua sama halnya kita digembleng dalam kawah Chandra Dimuka dalam arti yang sebenarnya dalam kehidupan ini” tandasnya.

Lebih jauh Ustadz Thoha menyampaikan “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus lebih dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan peran umat Islam menuju Islam yang rahmatan lil alamin atau Islam yang memberi rahmat bagi semesta alam.

Untuk itulah kita perlu membangun tatanan peradaban Islam yang peduli, tatanan peradaban Islam yang menebarkan perdamaian sekaligus tatanan peradaban Islam yang menebarkan keadilan dan toleransi“.

Hadir mendampingi Danlanal pada acara tersebut diantaranya Pasintel, Dandenpomal, Paspotmar, Pasminlog, seluruh Perwira Jajaran Mako Lanal Denpasar, Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II, Dirut Jasa Marga Bali Tol, seluruh warga muslim Lanal Denpasar dan warga muslim sekitar Lanal Denpasar, serta tamu undangan lainnya.

 

Pos terkait